Share

Tunggu Saran Veteran Untuk Pindahkan Patung Lettu Soejitno

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, masih melakukan negosiasi dengan Legion Veteran Republik Indonesia dan Dewan Harian Nasional 45 untuk memindahkan patung Lettu Soejitno yang saat ini berdiri tegak di taman alun-alun setempat.

“Kami butuh  masukan untuk pemindahan patung Lettu Soejitno,” jelas Kepala DKP Bojonegoro, Nurul Azizah, Selasa (13/10)

Patung Lettu Soejitno yang saat ini berdiri kokoh di taman tengah Alun-Alun Bojonegoro, rencananya akan dipindah ke kawasan Desa Mulyoagung, Kecamatan Bojonegoro. Pemindahan tersebut, rencananya akan dilakukan pada 2016 mendatang. Pemindahan ini menyusul adanya proyek renovasi Alun-alun Bojonegoro yang dikonsep menyatu dengan Masjid Agung Darussalam yang terletak di barat Alun-alun.

Dia menyebutkan, lahan yang akan digunakan untuk pemindahan patung Lettu Soejitno di Desa Mulyoagung tersebut menggunakan tanah milik negara. Saat ini, kondisi lahan tersebut dibiarkan kosong hingga pemanfaatannya nanti.

“Memang rencananya 2016 nanti, tapi belum pasti kapan tepatnya,” tandasnya.

Lettu Soejitno merupakan salah satu pahlawan nasional yang gugur ketika memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Lettu Soejitno gugur dalam pertempuran Palagan Temayang di sekitar Jembatan Kaliketek pada 15 Januari 1949.

Patung perunggu Lettu Soejitno di alun-alun ini diresmikan oleh Pangdam VIII Brawijaya Wijoyo pada 3 Februari 1975.(dwi/*mcb)

Leave a Comment