Share

UDD PMI Bojonegoro Kekurangan Stok Darah

Bojonegoro, 28/9 (Media Center) – Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro, masih kekurangan stok darah setiap bulannya. Untuk mengatasi kekurangan tersebut, UDD PMI Bojonegoro terpaksa mengambil stok dari kabupaten tetangga yang surplus.

“Rata-rata kebutuhan selama satu bulan di Bojonegoro mencapai 2000 kantong darah, sedangkan stok yang ada hanya sekitar 800 sampai 1000 kantong darah,” ujar Sekretaris PMI Sukohawidodo, Rabu (28/9).

Dia menyampaikan, dengan stok sebanyak itu, PMI harus mencukupi kebutuhan untuk rumah sakit umum daerah (RSUD) maupun rumah sakit swasta yang mencapai ribuan.

“Kebutuhan rumah sakit bisa mencapai 2000 lebih setiap bulannya,” imbuhnya.

Diakui, saat ini pasokan darah sangat sulit. Sehingga, PMI mencoba menggunakan upaya jemput bola dengan menggunakan kendaraan donor darah keliling untuk mendapatkan pendonor dari masyarakat baik dalam momen car free day atau di pusat keramaian.

“Meski begitu, tetap belum mencukupi,” tukasnya.

Pihaknya berharap, tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan donor bisa bertambah. Selain baik untuk kesehatan, juga menolong sesama yang membutuhkan.(dwi/mcb)

Leave a Comment