Share

Uluk Salam ‘Ider-ider’ Buka Festival Bengawan Bojonegoro

Bojonegoro (Media Center) – Ider-ider Bengawan Bojonegoro telah dilaksanakan, Kamis (17/9). Kegiatan yang dilakukan dengan menyusuri Bengawan Solo mulai dari Bendung Gerak, Desa Padang, Kecamatan Trucuk dan hingga Taman Bengawan Solo (TBS) ini sebagai acara pembukaan Festival Bengawan Bojonegoro yang akan digelar pada Minggu (20/9) mendatang.

Rangkaian yang terdiri dari tiga perahu yang berisi pemimpin ritual, penabuh dan pelantun gending Macapat dan pengiring memulai perjalanan. Sebelum keberangkatan, peserta ritual Ider-ider Bengawan telah melakukan tumpengan.

“Dijadwalkan sampai di TBS pukul 17.00 WIB. Namun karena debit sungai yang rendah membuat perahu kandas dan menghambat laju perahu,” terang Imam Wahyu Santoso, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, saat ditemui kanalbojonegoro.com di TBS.

Setibanya di TBS, para peserta ritual masih harus melanjutkan perjalanan ‘laku teplok’ yakni berjalan dengan telanjang kaki serta membawa lampu teplok menuju Kantor Disbudpar Bojonegoro.

Ritual ini, lanjut Imam, dilakukan untuk menghidupkan kembali adat budaya warga bantaran sungai Bengawan Solo.(*mcb)

Leave a Comment