Share

Unair Gelar “Workshop” Pembuatan Pakan di Bojonegoro

Bojonegoro, 28/8 (Media Center) – Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat (LP4M) Unair Surabaya, Jawa Timur, bekerja sama dengan Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Bojonegoro, menggelar pelatihan pembuatan pakan ternak sapi dan ikan, Minggu.

“Kedatangan kami kesini untuk memberikan bimbingan di bidang pakan. Sesuai permintaan Panti Asuhan Yatim Muhammmadiyah dalam “workshop” ini mengkhususkan pembuatan pakan ternak sapi dan ikan,” kata Sekretaris LP4M Unair Dr. Sri Hidanah, di Bojonegoro.

Dalam “workshop” sehari yang diikuti puluhan peternak di daerah setempat, ia menyebutkan tim ahli Fakultas Peternakan Unair yang akan ikut memberikan bimbingan dan penyuluhan yaitu ahli bidang reproduksi Prof Hery Agus.

Selain itu, lanjut dia juga ahli pengolahan pakan ternak Dr. Emy, ahli memelihari sapi Sunaryo hadi danHahli pakan ikan Heru Pramono, S.Pi, M.Biotech, Zakki Ardiansyah, S.Pi., dan Ichwan Rosyidi, S.Pi.

“Tapi “workshop” tidak dibatasi hanya membahas pakan sapi dan ikan. Peserta bisa menanyakan berbagai hal terkait pertanian, seperti tanaman padi,” ucapnya menambahkan.

Dalam kesempatan itu, tim ahli dari Fakultas Unair tidak hanya memberikan teori, tapi juga mempraktikkan cara membuat pakan sapi, dan ikan.

“Prinsip pembuatan pakan ini selain murah, juga mempercepat pertumbuhan ternak ikan, sehingga lebih menguntungkan,” ucap Zakki Ardiansyah,S.Pi.

Ketua Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Bojonegoro Abdul Wachid, menjelaskan “workshop” yang digelar dengan mengundang pakar dari Unair itu untuk memberi bekal kepada peternak di daerahnya agar bisa membuat pakan yang ramah lingkungan.

Selain itu, lanjut dia, pakan ternak yang bisa dibuat peternak atas bimbingan dari ahli Unair ini bisa meningkatkan kewira usahaan dari peternak.

“Apalagi Bojonegoro sekarang ini mencanangkan sebagai daerah lumbung pangan dan energi nasional,” katanya menegaskan. (*/mcb)

Leave a Comment