Share

Unit Kerja Presiden Ajak Warga Bojonegoro Gunakan Lapor !

Khusus untuk jalur SMS, format yang digunakan adalah BJN [spasi] ISI PENGADUAN/ASPIRASI, yang dikirimkan ke nomor 1708 dengan tarif umum, nomor tersebut dapat diakses menggunakan seluruh provider yang ada

Bojonegoro (Media Center) – Secara resmi seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur akan┬áterkoneksi dengan sistem pengaduan milik Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). Sistem yang berbasis Tekhnologi Informatika (TI) tersebut diberi nama Lapor !, yang merupakan kepanjangan dari Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat.

Nantinya, seluruh masyarakat, khususnya warga Bojonegoro dapat dengan mudah menyalurkan aspirasi dan mengadukan segala hal yang berkaitan dengan layanan publik dan seputar permasalahan pembangunan. “Termasuk penyelewengan penggunaan dana,” ujar Mohammad Gibran, yang mewakili UKP4 dalam sosialisasinya di Ruang Anglingdharma, kompleks Pemkab Bojonegoro (11/06/2014).

Berbagai saluran telah disediakan untuk hal itu, baik melalui pesan pendek (SMS), jejaring sosial Twitter dan Facebook, maupun mendaftar langsung di website http://lapor.ukp4.go.id . Dalam hal ini, Pemkab Bojonegoro telah menyiapkan administrator untuk meneruskan aspirasi maupun pengaduan masyarakat ke SKPD terkait, maupun ke tingkat nasional.

Secara garis besar, alur aspirasi dan pengaduan dalam sistem Lapor ! adalah: masyarakat mengirimkan aduan dan aspirasinya melalui jalur yang telah disediakan, kemudian administrator mengolahnya sesuai klasifikasi tujuan, serta mendisposisikan tindaklanjut kepada SKPD terkait.

Khusus untuk jalur SMS, format yang digunakan adalah BJN [spasi] ISI PENGADUAN/ASPIRASI, yang dikirimkan ke nomor 1708 dengan tarif umum, nomor tersebut dapat diakses menggunakan seluruh provider yang ada. Agar aspirasi dan pengaduan dari masyarakat dapat benar-benar efektif, Pemkab Bojonegoro, melalui Bupati Bojonegoro telah menginstruksikan agar seluruh kepala SKPD menggunakan jejaring sosial, dan terbiasa berinteraksi dengan jejaring sosial.(*/mcb)

Website Lapor ! : http://lapor.ukp4.go.id (dapat login menggunakan facebook dan twitter)
SMS Lapor : BJN [spasi] ISI PENGADUAN/ASPIRASI kirim ke 1708
Akun Twitter: mention ke @lapor_ukp4

 

Leave a Comment