Share

Upacara Bendera, FPAB Kibarkan Bendera dengan Replingan

Bojonegoro (Media Center) – Sekitar 50an peserta mengikuti upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-70 yang digelar oleh Forum Pecinta Alam Bojonegoro (FPAB). Selain upacara yang dilaksanakan di alam terbuka, tepatnya di obyek wisata alam Kedung Maor, Desa Kedung Sumber, Kecamatan Temayang, Bojonegoro, Jawa Timur, ada hal yang menarik dalam upacara ini.

Pengibaran bendera Merah Putih yang biasanya dikibarkan dari bawah, kali ini dilakukan dengan sebaliknya. Dua petugas pengibar bendera melakukan repling atau menuruni tebing menggunakan seutas tali untuk mengibarkan bendera. Prosesi pengibaran bendera yang menegangkan ini berlangsung khidmad dengan iringan lagu Indonesia Raya yang dilantunkan para peserta yang menggunakan baju bebas khas pecinta alam.

Meski dilakukan di alam terbuka, rangkaian upacara dilakukan secara komplit. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kabid Pengembangan dan Pelestarian Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro membacakan sambutan dari Bupati Bojonegoro, Suyoto.

“Seperti salah satu pesan Bapak Bupati dalam sambutannya, mengajak semua warga memperbaiki kondisi alam Bojonegoro. Saya harap, rekan-rekan FPAB ini bisa menjadi pelopor,” jelas Suyanto pada kanalbojonegoro.com, Senin (17/8).

Sementara itu, ketua panitia upacara, Ferdi menjelaskan, persiapan upacara telah dilakukan sehari sebelumnya. Para peserta upacara camping dan melakukan pembersihan di sekitar lokasi.

“Anggota kami dari klub pecinta alam baik pelajar, mahasiswa serta klub PA lainnya sudah ngecamp sejak kemarin (Minggu, 16/8). Kita bersih-bersih dan membuka jalur menuju kedung,” ujarnya.(lya/*mcb)

Leave a Comment