Share

UPNV Harapkan Bojonegoro Masuk Peringkat “Geoheritage Petroleum”

Bojonegoro, 1/4 (Media Center) – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” (UPNV) Yogyakarta, mengharapkan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, segera masuk peringkat “geoheritage petroleum” dan “geopark petroleum” dalam waktu dekat.

“Harapan kami setelah Tim Badan Geologi Bandung melakukan verifikasi segera menetapkan Bojonegoro dalam peringkat geoheritage petroleum dan geopark petroleum,” kata Peneliti UPNV Yogyakarta Dr. Jatmika Setiawan, kepada detakpos, Sabtu.

Tim Badan Geologi Bandung, kata dia, akan melakukan verifikasi potensi geoheritage petroleum dan geopark petroleum di Bojonegoro pada 4-6 April.

Tim yang akan melakukan verifikasi geoheritage petroleum dipimpin Ir Hanang Samudra MSc., dan verifikasi “geopark petroleum” yaitu Ir Andiani.

Ia mengaku akan ikut mendampingi Tim Badan Geologi Bandung bersama peneliti UPNV Dr. Dedy Kristanto selama verifikasi.

“Verifikasi yang dilakukan Badan Geologi Bandung untuk mencocokkan potensi geoheritage petroleum dan geopark petroleum yang sudah kami laporkan kepada Badan Geologi Bandung,” jelas dia.

Selain melakukan verifikasi, lanjut dia, Tim Badan Geologi Bandung, juga akan memberikan penilaian potensi geoheritage petroleum dan geopark petroleum.

“Semoga saja lolos semua sehingga Bojonegoro bisa masuk peringkat geoheritage petroleum dan geopark petroleum,” katanya menegaskan.

Sesuai hasil penelitian Tim LPPM UPN “Veteran” Yogyakarta bahwa di Bojonegoro ada sejumlah potensi “geotapak/geosite”, yang mendukung pengembangan geoheritage petroleum dan geopark petroleum.

Selain ladang minyak Wonocolo dan Kawengan, di Kecamatan Kedewan, juga Kedungmaor, di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, yang menjadi lokasi mengendapnya minyak mentah.

Lainnya api abadi Kahyangan Api di Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, mineral onix, bentonit, geothermal mata air hangat Banyu Kuning “watu gandul”, dan “Selo” Gajah, dan Gunung Batu Belah, semuanya di Kecamatan Gondang.

“Banyak juga di Bojonegoro ditemukan fosil binatang purba laut dan darat,” tandasnya. (*/mcb)

Leave a Comment