Share

UPT: Bengawan Solo Ngawi Siaga Banjir

Bojonegoro (Media Center) – Perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Solo di Ngawi, Jawa Timur, menyebutkan Bengawan Solo di Ndungus, Ngawi, masuk siaga II dengan ketinggian 7,00 meter, Rabu (24/2) pukul 06.00 WIB.

“Ketinggian Bengawan Solo di Ngawi, masih akan terus naik, sebab sehari yang lalu, di wilayah Ngawi dan sekitarnya hujan deras,” kata Perwakilan UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Bengawan Solo di Ngawi Andik T, Rabu (24/2).

Selain itu, lanjut dia, ketinggian air Kali Madiun, juga mengalami peningkatan, sehingga menambah debit ketinggian air Bengawan Solo di Ngawi.

Namun, ia mengaku tidak tahu kemungkinan dalam waktu bersamaan juga terjadi kenaikan air Bengawan Solo, juga terjadi di Jurug, Solo, Jawa Tengah.

“Saya pagi ini belum mengecek posisi Bengawan Solo dari arah hulu, Jawa Tengah di Ndungus, Ngawi,” jelas dia.

Sesuai data, ketinggian air Bengawan Solo di Ndungus, Ngawi, yang semula di bawah siaga banjir dengan ketinggian 5,50 meter, meningkat tajam menjadi 7,00 meter, pukul 06.00 WIb.

“Air dari Kali Madiun, saat ini belum turun ke Ngawi,” tandasnya.

Petugas Posko UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro Yanto, menambahkan hujan deras di sepanjang daerah aliran (DAS) Bengawan Solo, sehari lalu, mengakibatkan ketingian air Bengawan Solo hilir Jawa Timur, naik.

Di Bojonegoro, ketinggian air Bengawan Solo pada papan duga yang semula hanya sekitar 10.00 meter, sekarang naik menjadi 10,57 meter, pukul 06.00 WIB.

Di Karangnongko, Kecamatan Ngraho, sekitar 70 kilometer, juga masih di bawah siaga banjir, dengan ketinggian 25,00 meter, Rabu pukul 06.00 WIB.

“Ketinggian sebelumnya sekitar 23,00 meter,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Andik Sudjarwo, menyatakan kesiapsiagaan menghadapi ancaman banjir luapan Bengawan Solo, bahkan banjir bandang, masih dilakukan.

“Kita sudah siap, kalau sewaktu-waktu terjadi banjir,” tandasnya.(*/mcb)

Leave a Comment