Share

UPT Bojonegoro Pantau Bengawan Solo Hilir

Bojonegoro (Media Center) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur, memantau ketinggian air Bengawan Solo hilir, Jawa Timur, dengan membuka posko, sejak 23 Oktober lalu.

“Pemantauan ketinggian air Bengawan Solo di hilir, Jawa Timur, mulai Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan Gresik, terus kami lakukan dengan membuka posko sejak 23 Oktober lalu,” kata Kepala UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro Hirnowo, Jumat (11/12).

Ia menjelaskan posko yang dibuka di kantornya itu sifatnya koordinasi dengan berbagai instansi terkait, mulai Balai Besar Bengawan Solo di Solo, Jawa Tengah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di sepanjang daerah hilir.

“Posko di tempat kami sifatnya memantau ketinggian air, sehingga siapa saja termasuk wartawan bisa mengakses,” katanya, menegaskan.

Menurut Kasi Operasi UPT pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro Mucharom, pemantauan air Bengawan Solo di Bojonegoro dilakukan tiga jam sekali, ketika air sudah mencapai ketinggian air 7 meter.

“Kalau sudah masuk siaga banjir, maka pemantauan ketinggian air dilakukan satu jam sekali,” jelas dia.

Mengenai penanganan banjir, lanjut Hirnowo, ditangani langsung BPBD di daerah yang dilalui Bengawan Solo di hilir Jawa Timur.

Di lain pihak, katnaya, penutupan “doorlaats” atau pintu lintas menuju rumah penduduk dengan menjebol tanggul di Bojonegoro, ditangani Perum Jasa Tirta (PJT) V di Bojonegoro.

Meski demikian, katanya, pihaknya juga menyediakan berbagai bahan banjiran, seperti karung plastik untuk menangani tanggul jebol, juga yang lainnya.

Pantauan kanalbojonegoro, ketinggian air Bengawan Solo di Bojonegoro, meningkat tajam sejak sehari lalu, disebabkan memperoleh pasokan air hujan yang terjadi di daerah hulu dan lokal.

Ketinggian air Bengawan Solo di Bojonegoro, yang semula di bawah 7 meter, meningkat tajam menjadi 8,95 meter, hanya dalam sehari, tapi masih di bawah siaga banjir. (*/mcb)

Leave a Comment