Share

UPT: Ketinggian Air Bengawan Solo Terus Naik

Bojonegoro (Media Center) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan ketinggian air Bengawan Solo di hilir Jawa Timur, masih akan naik, disebabkan pengaruh air dari hulu.

“Hari ini air Bengawan Solo di Bojonegoro masih akan naik, sebab debit Bengawan Solo dari Ndungus, Ngawi, masih besar,” kata Kasi Operasi UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro Mucharom, Minggu (7/2).

Sesuai data, katanya, ketinggian air pada papan duga di Bojonegoro, mencapai 12,60 meter, Minggu (7/2) pukul 09.00 WIB. Ketinggian air itu naik drastis, dibandingkan tiga jam lalu, yang hanya 12,47 meter.

“Ketinggian air di hilir, Jawa Timur, masih akan naik, meskipun di Ndungus, Ngawi, hari ini ada penurunan ketinggian air,” jelas dia.

Menurut Petugas Posko UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro Yono, ketinggian air di Ndungus, Ngawi, sehari kemarin sempat bertahan 7 meter.

Bertahannya ketinggian air di Ndungus, Ngawi itu, mengakibatkan ketinggian air Bengawan Solo di hilir, Jawa Timur, mulai Bojonegoro, Tuban dan Lamongan, terus merangkak naik.

Namun, menurut dia, ketinggian air Bengawan Solo di Ndungus, Ngawi, sekarang ini mulai berangsur-angsur surut, menjadi 5,80 meter, Minggu pukul 03.00 WIB dan turun lagi menjadi 5,50 meter.

“Penurunan air di hulu belum terlalu drastis, sehingga kenaikan air di hilir, Jawa Timur, masih akan berlangsung lama,” ucapnya, menegaskan.

Begitu pula, lanjut dia, ketinggian air di Karangnongko, Kecamatan Ngraho, yang ada di bawahnya juga turun dari 26,67 meter, Minggu pukul 06.00 WIB, menjadi 26,65 meter, pukul 09.00 WIB.

“Ada penurunan air di Ndungus, Ngawi, juga Karangnongko, Kecamatan Ngraho, tapi tidak terlalu signifikan,” katatanya, menegaskan.

Yang jelas, menurut dia, pemantauan ketinggian air Bengawan Solo di hilir, Jawa Timur, dilakukan tiga jam sekali, karena masih belum masuk siaga banjir.

“Kalau masuk siaga banjir, maka pemantauan ketinggian air Bengawan Solo, akan dilakukan setiap jam sekali,” ucapnya, menegaskan. (*/mcb)

Leave a Comment