Share

Usai Berikan Remisi, Wabup Bojonegoro Pesan Baju Batik Pada Warga Lapas

Bojonegoro, 17/8 (Media Center) – Seusai memimpin upacara pemberian remisi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bojonegoro, Rabu (17/8) pagi tadi, Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono memesan baju batik buatan warga binaan. Wabup memesan baju batik lantaran puas melihat kualitas batik buatan penghuni lapas di Jalan Diponegoro ini.

Sambil berinteraksi dengan penghuni lapas, Wabup Bojonegoro dua periode ini juga melihat-lihat stand yang memamerkan batik dan fashion hasil menjahit karya warga binaan. Bahkan, ia meminta Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Bojonegoro untuk memberikan pendampingan dan bantuan pelatihan serta alat kepada warga binaan yang mau kreatif. Ia juga meminta Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) memperhatikan warga binaan.

“Apalagi di sini sendiri memang mereka dibina dan diajarkan berbagai ketrampilan untuk menopang hidup mereka setelah keluar dari Lapas,” ujarnya.

Wabup menegaskan, bantuan alat dan pelatihan bagi warga bojonegoro yang tengah menjalani masa hukuman ini juga harus dipikirkan karena mereka memiliki hak yang sama seperti warga Bojonegoro lainnya. “Apalagi jika bantuan itu diberikan di sini, ada pihak LP yang akan bertanggungjawab dan mengawasi,” lanjutnya.

Moh. Mughni, salah satu warga binaan yang ikut pelatihan menjahit menyambut baik inisiatif yang disampaikan oleh Wakil Bupati Bojonegoro. Dirinya sangat berterima kasih dan mengharap mendapat perhatian yang sama mulai pelatihan, alat menjahit serta membantu mencarikan pelanggan. “Saat ini saya melayani salah satu butik besar di pulau Madura,” terangnya.

Pria asal Ngadiluhur Kecamatan Balen ini saat ini bersama empat warga binaan di Lapas Kelas IIA Bojonegoro ini membuka jasa menjahit baju laki-laki maupun perempuan. Dirinya mengakui bahwa bekal pelatihan ini sangat penting dimiliki khususnya nanti setelah dirinya bebas dan kembali ke tengah tengah masyarakat.

Sementara itu, sejumlah 102 orang menerima remisi di Hari Kemerdekaan RI diantaranya Remisi Umum I untuk 95 orang dan Remisi Umum II untuk 7 orang. Jumlah penghuni Lapas kelas II A Bojonegoro sebanyak 275 orang yang terdiri 102 tahanan dan 173 orang Narapidana.(mcb/humas)

Leave a Comment