Share

Usai Gowes, Bupati Bojonegoro Resmikan Jembatan Lo Cin Ngeglok dan Tanam Pohon di Wisata Sidomukti Park

Bojonegoro, Media Center – Motto Bojonegoro energik lekat dan identik dengan semangat Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah. Bu Anna, begitu disapa- tak meninggalkan aktifitas olah raga gowes saat fajar pagi mulai terbit, sebelum melaksanakan rutinitasnya di pemerintahan.

Dengan mengayuh sepeda pancal, Bu Anan melewati jalan-jalan setapak, persawahan, tepian sungai, dan perkampungan penduduk untuk menyapa warga yang sedang memulai aktifitasnya di luar rumah. Lambaian hangat warga nan santun pun turut mengiringi sejuknya udara pagi.

Seperti yang dilaksanakan, Kamis (13/02/2020) pagi, usai bersepada menyusuri suasana Pedesaan Woro hingga Sidomukti Kecamatan Kepohbaru, Bu dengan didampingi Kepala Dinpora, Forkopimcam Kepohbaru, Dan Kades se Kecamatan Kepohbaru, meresmikan Jembatan Lo Cin Ngeglok. Jembatan sepanjang 36 meter yang menghubungkan Dusun Baru Lor (Nglegok) Sidomukti dengan Kedungsari Kepoh menghabiskan biaya Rp 1,5 milyar yang bersumber dari dana bantuan BKD Pemkab Bojonegoro 2019.

Setelah resmikan Jembatan Lo Cin Ngeglok, Bupati mengunjungi dan sekaligus tanam pohon kelengkeng di taman wisata baru “Sidomukti Park”. Di tempat ini terdapat waduk buatan membujur dari timur hingga ke barat dekat jalan raya Kepohbaru. Wahana sepedah air dan flying fox juga menjadi pelengkap bagi pengunjung yang ingin menguji adrenalin gelantungan meluncur di atas waduk.

Bupati Anna mengapresiasi ide kreatif Pemdes Sidomukti dengan adanya wisata air “Sidomukti Park” ini. Destinasi wisata ini diyakini akan memunculkan simbiosis mutualisme bagi masyarakat Desa Sidomukti karena akan menumbuhkan dan menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Pemerintah desa harus mampu berinovasi mengembangkan wisata Sidomukti Park ini. semisal dengan adanya pasar unik, bisa pasar sayur atau hasil kebun lainnya yang bukanya seminggu sekali, setiap Kliwon, Wage, atau legi. Jadi komplit, ada wisata air, wisata adrenaline, dan wisata agro,” tutur bupati memberikan masukan.

Dijelaskan, jembatan yang baru saja diresmikan merupakan sarana penghubung antar sdesa yang harapannya mampu memperlancar aktifitas, menggerakkan ekonomi warga dan menarik pengunjung untuk datang menikmati wisata Sidomukti Park ini.

Diungkapkan, pada tahun 2019 kemarin, pembangunan infrastruktur jalan cor di Bojonegoro mencapai 126 Kilo Meter (Km). Untuk tahun 2020 ini, dilanjutkan lagi sepanjang total 176 Km, dan di tahun 2021 total 154 Km.

“Jadi tuntas sudah pembangunan jalan poros Kecamatan yang dimiliki Pemkab Bojonegoro,” tehasnya.

Setelah itu, Pemkab akan melihat jalan aset desa yang belum dinaikkan statusnya. Pemkab akan menggunakan BKD, dengan tidak mengajukan jalan cor, akan tetapi aspal, karena anggarannya pasti tidak cukup.

Dalam kesempatan tersebut Bupati memberikan santunan kepada sejumlah anak yatim dan dhuafa.(Dwi)

Leave a Comment