Share

Wabup Bojonegoro dan Balitbang Jatim Resmikan Rumah Produksi Cacing

Bojonegoro, Media Center – Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto, menghadiri acara peresmian Rumah Produksi Cacing di SPR Mega Jaya Dusun Ngantru, Desa Sekaran, Kecamatan Kasiman, Rabu (29/5/2019).  Program ini bentuk kerja sama antara Balitbang (Badan Penelitian dan Pengembangan) Bojonegoro dengan UINSA (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel) Surabaya.

Acara tersebut dihadiri Balitbang Pemprov Jatim serta beberapa Dinas kab Bojonegoro diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Disperindak, Pekerjaan Umum, Dinas Pariwisata dan warga Dusun Ngantru.

Program Rumah Produksi Cacing bermula dari pemanfaatan kotoran Sapi Australia agar lebih bernilai.

Muhammad Firman Mauluddin, dosen dan pengelola program tersebut menjelaskan bahwa awalnya tim mencoba mengolah kotoran sapi agar lebih bermanfaat. Diantaranya menjadi pupuk organik, bio gas dan yang terakhir produksi cacing.

“Sehingga kotoran yang ada tidak menimbulkan aroma tidak sedap, dengan cara mengolahnya sedemikian rupa,” ujarnya..

Program tersebut memperoleh respon dan dukungan yang baik dari warga sekitar khususnya ibu-ibu yang sangat antusias ikut mengolah langsung kotoran sapi sebagai lahan produksi cacing.

Dia mengatakan, adanya budidaya tersebut diharapkan berjalan dengan baik dan berhasil. Sistem pemasarannya pun harus diperhatikan sehingga dapat menjadi aset desa dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat kepada pihak pelaksana program tersebut oleh Kepala Balitbang Pemorov Jatim dan Wakil Bupati Bojonegoro.

Sebagai penutup rangkaian peresmian Rumah Produksi Cacing, dilaksanakan pemotongan Pita Rumah Produksi Cacing oleh Wakil Bupati Bojonegoro. Selanjutnya Wakil Bupati Bojonegoro dan Kepala Balitbang Pemprov Jatim menandatangi Prasasti serta meninjau langsung ternak sapi Australia dan budidaya cacing diikuti dinas-dinas terkait dan warga sekitar. (Rin/NN)

Leave a Comment