Share

Waduk Gongseng Bojonegoro, Bakal Gantikan Waduk Pacal

“Fungsinya selain sebagai pasokan baku air, juga untuk pencegah banjir dan tempat wisata,”ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Yudi Pratondo dalam sebuah sesi Groundbreaking pembangunan tiga waduk di Jawa Timur

Bojonegoro (Media Center) – “Fungsinya selain sebagai pasokan baku air, juga untuk pencegah banjir dan tempat wisata,”ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo, Yudi Pratondo dalam sebuah sesi Groundbreaking pembangunan tiga waduk di Jawa Timur.

Termasuk diantaranya adalah Waduk Gongseng, yang terletak di sebelah timur Waduk Pacal, tepatnya di Desa Kedungsari dan Papringan, Kecamatan Temayang, Bojonegoro Jawa Timur.

Mengenai lokasi yang berdekatan dengan Waduk Pacal, dijelaskan bahwa saat ini Waduk Pacal sudah dinilai sangat kritis keadaaanya. Bahkan secara gamblang, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Jawa Timur, sempat mengatakan bahwa keberadaan Waduk Gongseng adalah untuk menggantikan Waduk Pacal.

“Untuk melakukan pengerukan dan perbaikan , biayanya sangat tinggi. Akan lebih efisien membangun waduk baru,” kata Kepala Dinas PU Pengairan Jawa Timur, Supaad, saat pertama kali pewmbangunan Waduk Gongseng disosilaisasikan pada 20122 lalu.

Masih menurut Supaad, Waduk Pacal disebutkan mengalami pendangkalan dengan sedimentasi 200ribu meter kubik (m3) setiap tahunnya. Dengan upaya pengerukan yang canggih sekalipun, Supaad menjelaskan, hanya mampu mengangkat 50ribu m3 per tahunnya, artinya hanya 25% dari total sedimentasinya.

Supaad menambahkan, sudah seharusnya Waduk Pacal yang telah beroperasi sejak 1933 itu tak dioperasikan lagi. “Untuk timbunan kerukannya saja maka membutuhkan lahan yang luas, sedangkan untuk mencari lahan susah dan mahal,” ujar Supaad.

Akibat pendangkalan, Waduk Pacal hanya mampu menampung air 21 juta meter kubik dan mengairi 13 ribu hektare areal persawahan. Padahal ketika awal dibangun, waduk ini mampu menampung 41 juta meter kubik air untuk mengairi 16.600 hektare lahan. (*/mcb)

Leave a Comment