Share

Waduk Pacal Peroleh 9 Juta Meter Kubik

Bojonegoro (Media Center) – Waduk Pacal di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, sudah memperoleh air sekitar 9 juta meter kubik, karena hujan di daerah tangkapan airnya sudah merata, dalam empat hari terakhir.

Pengawas Waduk Pacal Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro Jasmani, Jumat (3/12), menjelaskan kontribusi air hujan yang terjadi di daerah tangkapan dalam empat hari terakhir cukup besar menambah debit air di waduk setempat.

Oleh karena itu, menurut dia, pasokan air ke Waduk Pacal, yang berasal dari Kali Gondang dan Sugihan, di wilayah selatannya cukup besar, sehingga ketinggian air pada papan duga yang sebelumnya 102,80 meter, naik menjadi 103,85 meter.

“Ada kenaikan yang cukup tajam sekitar 1 meter dalam empat hari,” ucapnya, menegaskan.

Ia  memperkirakan debit air di Waduk Pacal akan terus bertambah, sebab hujan sudah turun merata di daerah tangkapan airnya.

“Tidak ada permintaan air dari petani di sepanjang daerah irigasinya,” katanya, menegaskan.

Ia menjelaskan kondisi bangunan Waduk Pacal tidak ada yang mengalami kerusakan, setelah musim kemarau yang kering, yang mengakibatkan air di waduk hanya tinggal sekitar 80 ribu meter kubik.

Ia menambahkan pola operasional pemanfaatan air Waduk Pacal, tetap mengacu kapasitas maksimal yang tersedia di waduk sekitar 17 juta meter kubik.

“Pola tanamnya selama setahun hanya dua kali tanam padi, karena setelah itu air Waduk Pacal habis,” ujarnya.

Data di Dinas Pengairan Bojonegoro, Waduk Pacal memiliki daerah irigasi pertanian seluas 16.624 hektare di Kecamatan Kapas, Sukosewu, Balen, Sumberrejo, Kepohbaru, Kanor dan Baureno.

Sekarang ini daya tampung waduk menurun drastis, disebabkan sedimen yang masuk waduk mencapai 15 ribu meter kubik per tahun, yang dipengaruhi rusaknya daerah tangkapan air di wilayah setempat.
Selain itu, juga rusaknya bangunan pelimpas, yang disebabkan banjir bandang, sehingga daya tampungnya maksimal hanya sekitar 17 juta meter kubik. (*/mcb)

Leave a Comment