Share

Wagub Jatim Larang Ada Pabrik Semen Baru

Tuban (Media Center) – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Syaifullah Yusuf melarang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, merekomendasi perizinan pabrik semen baru, karena sudah ada empat pabrik semen.

“Saya kira cukup di Tuban ada empat pabrik semen. Sudah jangan ditambah lagi,” katanya, kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tuban Budi Wiyana, di Tuban, Selasa (24/11).

Ia menegaskan hal itu, menanggapi pertanyaan rencana berdirinya dua pabrik semen di Tuban yaitu PT Abadi “Cement” dan PT Unimine Indonesia (PT UI).

“Saya baru tahu kalau di Tuban, ada dua pabrik semen baru,” ujarnya.

Ia juga mengatakan di Tuban sudah cukup ada empat pabrik semen yaitu PT Semen Indonesia, Holcim dan dua pabrik semen yang baru akan berdiri itu.

“Kan sudah ada PT Semen Indonesia, ya, seharusnya tidak usah ditambah lagi,” ucapnya, menegaskan.

Sekda Pemkab Tuban Budi Wiyana, membenarkan rencana berdirinya dua pabrik semen baru di Tuban itu.

“Saat ini masih proses perizinan, juga pembebasan lahan,” ucapnya.

Dari keterangan yang diperoleh PT Abadi “Cement” akan membangun pabrik semen di Desa Sugihan, Kecamatan Merak Urak, di atas lahan seluas 98,8 hektar. Lahan yang dibutuhkan itu, sebagian besar lahan Perhutani, selain milik masyarakat.

Saat ini, PT Abadi “Cement”, sedang menyusun studi analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal). Sedangkan PT UI, akan memanfaatkan bahan baku lahan di Kecamatan Tambakboyo dan Merak Urak.

Seorang perangkat Desa Sugihwan, Kecamatan Merak Urak, Cipwanto, mengatakan lahan yang dibutuhkan PT Abadi “Cement”, yang milik warga di desanya seluas 13 hektare.

“Lahan lainnya milik Perhutani,” ucapnya. (*/mcb)

2 Comments on this Post

  1. iki kanalbojonegoro kok isine berita tuban to?

    Reply

Leave a Comment