Share

Wakili Kemenpan-RB, Bojonegoro Akan Ikuti Pameran HPN

Bojonegoro, 28/1 (Media Center) – Kabupaten Bojonegoro ditunjuk menjadi perwakilan Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (KemenPAN-RB) untuk memamerkan program unggulan Teknologi Informasi (IT) yang sudah diterapkan Bojonegoro sampai meraih penghargaan tingkat nasional hingga internasional. Penunjukan ini untuk ditampilkan saat Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2017 di Ambon yang akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Program IT Bojonegoro akan dipamamerkan di antaranya adalah Sistim tanam panen tepat (Simtapat), Sistim intergrasi aplikasi pengelolaan layanan aspirasi online rakyat (SIAP LAPOR), dan harga pasar kebutuhan pokok, Revolusi Data, hingga desain Open Data Contract.

Program itu akan disampaikan Dinas Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro, turut serta sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

selain Bojonegoro adalah Kabupaten Sragen dan Provinsi Jawa Timur juga diundang oleh KemenPAN-RB.

“Nanti bentuknya pameran. Jadi kita akan demokan semua aplikasi yang sudah kita miliki dan laksanakan selama ini,” kata Kepala Bidang E-Gov Dinas Komunikasi dan Informatika, Alit Saksama Prayoga, Sabtu (28/1).

Peran Bojonegoro dalam peringatan HPN kali ini cukup istimewa karena selain mewakili Kantor Staf Presiden dan Kemenpan RB, Bupati Bojonegoro Suyoto juga bakal menjadi narasumber dalam sesi seminar bertemakan penerapan TI dan desain Open Government. hal ini lantaran Kabupaten Bojonegoro telah menjadi pilot project Open Government Partnership dunia. Bojonegoro sejajar dengan negara Prancis.

“Keterbukaan yang dibangun Pememerintah Kabupaten (Pemkab) bukan hanya di tingkat OPD. Melain sampai tingkat Desa,” imbuh Alit.

Semua desa di Bojonegoro telah menampilkan semua pengelolaan anggaran kegiatannya. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan melalui sejumlah sarana seperti website desa, baliho, pamflet, dan banner yang dipasang di sejumlah tempat strategis agar diketahui masyarakat sehingga bisa ikut mengontrolnya.(dwi/mcb)

Leave a Comment