Share

Wali Murid Ikut Upacara Hingga Antar Anak Masuk Kelas

Bojonegoro (Media Center) – Suasana hari pertama masuk sekolah di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur terasa spesial. Tak hanya di kota, kemeriahan hari pertama tahun ajaran 2016/2017 juga tampak di seluruh desa.

Seperti di Kecamatan Margomulyo, para orang tua siswa baru tampak mengantar, hadir dan mengikuti kegiatan anaknya seperti mengikuti rangkaian pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), istilah baru untuk Masa Orientasi Siswa (MOS).

Hal ini sesuai pesan dari Bupati Bojonegoro, Suyoto agar orang tua dan pihak sekolah lebih intens berkomunikasi agar terjalin kemitraan yang lebih baik. Begitupun rangkaian MPLS yang harus menghapus semua bentuk perpeloncoan serta para pemangku wilayah yang juga diminta turun langsung ke sekolah dan ikut menyambut siswa baru.

Menurutnya, pada hari pertama masuk sekolah Senin (18/076) jangan ada ketegangan karena perpindahan lembaga baru khususnya dari TK ke sekolah dasar dan menengah.

“Untuk itu mari kita ciptakan suasana yang nyaman, bersih dan jangan ciptakan ketegangan pada hari pertama mereka sekolah,” tuturnya.

Sementara itu, di SMPN 1 Bojonegoro, wali murid tampak serius mengikuti upacara bendera serta pembukaan MPLS. Meski demikian, sesaat sebelum upacara berakhir tampak beberapa wali murid mengeluarkan ponsel berkamera dan meminta petugas dokumentasi untuk mengabadikan momen ini.

“Karena baru tahun ini orang tua siswa ikut upacara, sayang kalau tidak ada kenang-kenangan,” ujar salah satu ibu siswa baru di SMPN 1 Bojonegoro.

Usai upacara, para wali murid tak serta merta meninggalkan sekolahan. Pihak sekolah memberi kesempatan mereka untuk mengantar anaknya hingga ke ruang kelas masing-masing. Selain untuk memberi semangat pada siswa baru, hal ini agar para orang tua mengetahui suasana ruang belajar yang akan ditempati anaknya. (mcb)

Leave a Comment