Share

Warga Berjalan Sejauh 1 Km untuk Kirab Pusaka Pasopati

Bojonegoro, Media Center – Kirab pusaka digelar di Desa Deru Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro Rabu (16/9/2020) malam. Kirab diikuti oleh warga dan berjalan sejauh 1 km. Sebelumnya, pagi hingga siang digelar jamasan pusaka.

Jamasan dan kegiatan kirab pusaka difokuskan di padepokan ‘Pring Watu’. Pusaka Pasopati Nagaderu dan pusaka milik warga berupa keris, pedang, dan tombak dikirab sejauh 1 km. Perjalanan dimulai dari halaman Balai Desa Deru Kecamatan Sumberrejo menuju lokasi “Pring Watu” dengan peserta memakai pakaian adat jawa.

Masyarakat Deru dan anggota Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Sumberrejo sangat antusias mengikuti jalannya prosesi kirab.

Dirham, Juru Kunci ‘Pring Watu serta perawat keris Pasopati menuturkan Keris Pasopati yang dikirab sebagai simbol pelestarian budaya yang ada di Desa Deru. “Keris pasopati ini turun temurun dari Mbah terdahulu yang memang hidup di sekitar lokasi pring watu,” terangnya.

Sebelum kirab, acara jamasan diikuti sekitar 41 pusaka milik warga. Jamasan dan kirab digelar sebagai upaya menggerakkan sektor pariwisata desa. Rencananya acara digelar tiap tahun sebagai agenda wisata desa. “Acara ini sekaligus untuk melestarikan budaya leluhur,” kata Ketua Panitia Kirab, Maksum.(NN)

Leave a Comment