Share

Warga Bojonegoro Bersihkan Lumpur Sisa Banjir Bandang

Bojonegoro, 17/11 (Media Center) – Warga di tiga desa di Kecamatan Dander melakukan kerja bakti membersihkan rumah mereka yang kemarin, Kamis (16/11/2017) sore tergenang banjir bandang. Warga membersihkan sisa lumpur yang menempel di lantai, dinding rumah, dan perabotan mereka, Jumat (17/11/2017).

“Lumayan banyak lumpurnya. Jadi harus dibersihkan berulang-ulang,” kata Jiman, warga Kunci, Kecamatan Dander.

Selain itu tampak sejumlah warga bergotong royong membersihkan sisa lumpur dan sampah yang terbawa air bah di sepanjang jalan nasional Bojonegoro – Nganjuk.

Sebagaimana diketahui, hujan deras yang terjadi sore kemarin, telah mengakibatkan banjir bandang di dua desa di wilayah Dander. Ada empat ribuan rumah di Desa Kunci, dan Sumberarum tergenang. Rinciannya, di Desa Kunci sebanyak 1054 rumah tergenang dan tanah persawahan padi seluas 217 hektar dengan masa tanam padi sekitar seminggu.

Kemudian di Desa Sumberarum sebanyak 2114 rumah dan sawah seluas 351 Ha dengan masa tanam padi usia 1 minggu.

Banjir bandang mendapat penangan cepat dari tim reaksi cept Badan Penanggulangan Daearah (TRC BPBD) Bojonegoro bersama Muspika. Mereka mendatangi lokasi melakukan pendataan kerusakan dan kerugian serta mengamankan penduduk sekitar lokasi terdampak.

Selain itu, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Sekar selama 3 lebih kemarin juga mengakibatkan mengakibatkan tanah longsor di RT 9 / RW 4 Dusun Kalipapak, Desa Sekar, pada pukul 16.15 WIB. Akibat kejadian tersebut ada satu rumah tertimbun longsor yakni milik Panijan (66). Kondisi rumah rusak sedang dan tidak ada korban jiwa.

Banjir bandang juga terjadi di Desa Bobol yang menimpa tiga dusun yakni Bobol, Dawe, Kaliklampok yang menyebabkan 12 rumah warga tergenang setinggi kurang lebih 10 cm selama 30 menit.(*dwi/mcb)

Leave a Comment