Share

Warga dan Bidan Ikuti Pengukuran Kualitas Udara di Mojodelik

Bojonegoro, 11/11 (Media Center) – Petugas keselamatan dan kesehatan operator minyak dan gas bumi (Migas) Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama warga Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, melakukan pengukuran kualitas udara pada Kamis (10/11).

Untuk pengukuran ini, petugas menggunakan berbagai alat yang dibutuhkan seperti pendeteksi gas (multi gas detector), pengukur suhu, dan pendeteksi gas hidrogen sulfida (H2S). Mereka juga menjelaskan bagaimana alat-alat tersebut bekerja sebelum melakukan pengukuran.

Salah satu bidan desa, Lisa Wahyu Febrianti mengaku senang bisa terlibat dalam kegiatan ini. Dia mengatakan, selama ini sering ditanya warga mengenai H2S namun dia belum bisa menjelaskan secara ilmiah. Namun dengan pengetahuan yang dibagi oleh petugas, Lisa mengaku sedikit banyak sudah lebih faham.

“Tapi saya masih butuh referensi lebih banyak biar bisa berbagi pengetahuan dengan warga juga,” papar Lisa.

Tak hanya itu, EMCL juga menggandeng pihak ketiga untuk melakukan pengukuran. Perwakilan EMCL, Slamet Rijadi mengatakan, kegiatan pengukuran ini dilakukan secara rutin oleh EMCL. Dengan petugas yang kompeten di bidangnya, EMCL memonitor kualitas udara untuk keselamatan lingkungan dan masyarakat sekitar.

“Kita juga kerjasama dengan pihak ketiga untuk melakukan pengukuran seperti ini secara rutin di beberapa titik area warga desa sekitar,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, petugas melakukan contoh pengukuran di Dusun Dawung dan Dusun Ledok Desa Mojodelik. Selain bidan desa, petugas tanggap darurat yang ditempatkan di Balai Desa Mojodelik juga mengikuti kegiatan ini. Mereka juga dibekali alat pendeteksi gas untuk digunakan selama berjaga di balai desa.(dwi/mcb)

Leave a Comment