Share

Warga Hok Swie Bio Bakar Daishu Untuk Usir Arwah

Bojonegoro (Media Center) – Warga Klenteng Hok Swie Bio Kabupaten Bojonegoro menggelar acara sedekah bumi, Kamis (18/8). Dalam acara ini, warga klenteng melaksanakan sembahyang tiga putaran dilanjutkan dengan rebutan yang diikuti oleh warga yang berdomisili di sekitar klenteng di Desa Banjarejo, Kecamatan Kota Bojonegoro ini.

Tradisi tahunan ini juga diawali dengan wayangan yang digelar di halaman klenteng pada malam sebelumnya. Acara ini diikuti rarusan warga yang ingin mendapatkan berkah dari gunungan yang disipakan di atas panggung setinggi satu meter yang memuat 34 gunungan.

“Gunungan ini yang terpenting tersusun dari sandang dan pangan, namun umat klenteng juga memberikan doorprize berupa alat-alat elektronik,” jelas Ketua Klenteng Hok Swie Bio, Tan Tjien Hwat pada kanalbojonegoro.com.

Menurut kepercayaan umat tionghoa, acara sedekah bumi ini untuk mengusir arwah jahat yang tidak terurus agar tidak mengganggu umat.

“Cara mengusirnya dengan membakar patung Dhaisu atau raja setan yang mengendalikan arwah,” terangnya.

Dhaisu yang terletak di tengah-tengah barisan gunungan ini dibakar saat rebutan warga selesai dilakukan. Warga yang berebut tampak antusias dan segera memenuhi halaman klenteng begitu sembahyang selesai dilaksanakan.(mcb)

Leave a Comment