Share

Warga Keturunan di Bojonegoro Beli Kalender Jawa

Bojonegoro (Media Center) – Warga keturunan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ada yang membeli kalender Jawa yang diterbitkan Majalah Jayabaya dan Penyebar Semangat, Surabaya, karena memuat primbon Jawa, yang berisi hari baik dan buruk.

Pemilik Toko Buku Nusantara di Bojonegoro Hariyanto, Kamis (10/12), mengatakan, kalender Jawa yang diterbitkan majalah berbahasa Jawa itu, juga dibeli warga keturunan, karena di dalam kalender itu memuat primbon.

“Pembelinya tidak hanya orang Jawa saja, tapi juga ada warga keturunan,” katanya, menegaskan.

Di kalender itu, menurut dia, memuat primbon yang berisi berbagai keperluan untuk mencari hari baik, mulai hari baik menggelar hajat pengantin, membangun rumah, juga berbagai keperluan lainnya.

Selain itu, di dalam primbon yang ada di kalender itu, juga juga mencantumkan hari tidak baik untuk berbagai keperluan.

“Warga keturunan dalam melaksanakan berbagai keperluan ada yang memanfaatkan primbon Jawa,” jelas dia.

Ia mengaku dua kalender Jawa di tokonya itu sudah banyak yang terjual, dengan pembeli dari kalangan orang tua, muda, termasuk warga keturunan.

Meskipun harga kalender Jawa di tokonya untuk terbitan Jaya Baya Rp17.500/kalender dan Jaya Baya Rp29.000/kalender. Harga kalender Jawa itu, jauh lebih mahal dibandingkan harga kalender biasa yang hanya berkisar Rp6.000-Rp8.000/kalender.

“Saya setiap tahun selalu menjual kalender Jawa dan peminatnya cukup banyak,” ucapnya, menegaskan.

Di Kalender Jaya Baya yang dijual itu, di setiap halaman bulan memuat berbagai gambar wayang yang sedang melakonkan cerita.

Berbeda dengan kalender Penyebar Semangat hanya berisi gambar di halaman depan dengan materi banyak tokoh wayang yang sedang berebut tumpeng nasi kuning. (*/mcb)

Leave a Comment