Share

Warga Nikmati Salak Gratis di Festival Salak Wedi

Bojonegoro, 27/1 (Media Center) – Festival Salak di Desa Wedi, Kecamatan Kapas, mengundang perhatian seribuan warga dari berbagai kecamatan di Bojonegoro (26/1). Di festival ini mereka dapat menikmati 35 ribu salak gratis sepuasnya yang disedikan petani salak dari 21 rukun tetangga (RT) di atas meja di sepanjang jalan lingkungan yang menjadi lokasi perhelatan.

Warga langsung menyerbu salak yang sudah disiapkan gratis setelah Kepala Disbudpar di dampingi Kepala Desa Wedi, Mashuri dan sejumlah pejabat memotong pita.

Selain itu pengunjung juga dapat melihat gunungan salak setinggi tiga meter yang berisi 15 ribu buah salak. Gunungan itu diarak mulai dari Balai Desa Wedi hingga masjid setempat sekitar dua kilo meter. Arak-arakan gunungan salak ini menjadi tontonan yang menarik. Karena diiringi dengan musik rebana. Selain itu para ibu-ibu berpakaian kebaya juga membawa salak yang ditaruh dalam baki.

“Ini baru namanya festival beneran. Pengunjung bisa menikmati Salak gratis,” ucap Ali, warga Sumberjo bersama istrinya sambil menikmati Salak.

Sebelumnya Ketua Panitia Festival Salak Wedi 2017, Subkan mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kreatifitas pemuda yang ingin melestarikan Salak Wedi dan sekaligus mengenang almarhum Kyai Basir yang merupakan tokoh masyarakat yang pertamakali menanam Salak Wedi.

“Kami harapkan dengan kegiatan ini Desa Wedi menjadi desa wisata Salak yang dapat dikenal masyarakat luas,” ujar pria yang menjabat sebagai kepala dusun itu.(dwi/mcb)

Leave a Comment