Share

Waspada Banjir, Bupati Minta Semua Pihak Siaga

Bojonegoro, 26/11 (Media Center) – Bupati Bojonegoro, Suyoto, melakukan inspeksi mendadak kesiapan banjir di Taman Bangawan Solo dan beberapa titik lainnya, Sabtu (26/11).

Kang Yoto, sapaan akrabnya, mengatakan, saat ini kenaikan air Sungai Bengawan Solo berlangsung sangat cepat karena hujan yang terjadi di daerah hulu.

Setidaknya ada 18 kabupaten dan kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang airnya bermuara ke sungai Bengawan Solo. Dan saat ini, curah hujan di daerah daerah tersebut terbilang cukup tinggi.

“Belum lagi hujan lokal di Bojonegoro yang membuat Tinggi Muka Air (TMA) kita juga meningkat,” ujarnya.

Dia mengatakan, malam ini semua pihak harus siap memasuki siaga III atau siaga merah. Oleh karenanya, ia mengimbau agar seluruh masyarakat yang terdampak mulai mempersiapkan diri.

“Seperti menyelamatkan harta benda, memastikan keamanan anak-anak dan keluarga. Kejadian korban jiwa saat banjir justru karena asik bermain air, bukan karena terbawa arus atau lainnya,” imbuhnya.

Jadi untuk segenap orang tua agar memperhatikan putra putrinya utamanya bagi mereka yang tidak bisa berenang.

Bupati juga menandaskan, seluruh aparat agar memberikan informasi kepada warga dan berada ditengah warga disituasi seperti ini.

“Kemudian kita pemerintah juga sudah mulai menyiapkan peralatan di doorlat doorlat,” tegasny.

Bupati mengharapkan agar Doorlat ini sudah siap, baik kayu maupun sak dan pasir. Malam ini doorlat harus dipantau dan dipastikab kondisinya. Beberapa tempat pengungsian dan dapur umum juga sudah siap menampung para pengungsi baik yang di Taman Evakuasi Banjir Bahagia (Ebaga) yang terletak di Kecamatan Trucuk atau yang berada di Gedung Serbaguna.

Bupati juga berpesan kepada seluruh warga yang saat ini menikmati suasana banjir agar berhati hati. Boleh menikmati banjir namun pastikan keamanan menjadi prioritas utama.

Sementara itu Ketinggian TMA Bengawan Solo pukul 12.00 WIB di Karangnongko di titik 28.76 peilschal dan TMA yang terpantau di Taman Bengawan Solo terpantau 14.75 peilschal (siaga kuning). Trend menunjukkan kenaikan.(dwi/mcb)

Leave a Comment