Share

Dinkes Bojonegoro Minta Masyarakat Waspadai Musim Hujan

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, meminta masyarakat mewaspadai penyakit yang lazim muncul di musim hujan yakni muntaber/diare, demam berdarah dengue (DBD), iflue nza dan penyakit kulit.

“Masyarakat perlu mewaspadai beberapa penyakit itu, karena pada musim hujan, beberapa jenis penyakit ini rentan menyerang,” kata Kasi Pengendalian Penyakit Dinkes Bojonegoro dr. Whenny Diah Prijanti.

Menurut dia, pada perubahan musim , manusia rentan terserang penyakit karena tubuh manusia perlu melakukan proses adaptasi. Pada masa adaptasi itu, kekebalan tubuh manusia berkurang sehingga rawan terserang penyakit.

“Biasanya penyakit muntaber/diare, ifluenza serta penyakit kulit rawan menyerang pada awal musim hujan, baik anak-anak maupun orang dewasa,” paparnya.

Sementara itu demam berdarah dengue (DBD) juga rawan menyerang manusia pada musim hujan seperti ini. Sebab, pada musim hujan banyak kubangan maupun sungai-sungai yang dipenuhi air. Di tempat-tempat seperti itu nyamuk bersarang dan berkembang biak.

“DBD tidak menyerang pada anak-anak saja, orang tua juga bisa terserang, sehingga masyarakat harus berhati-hati. Jangan bermain di tempat-tempat rimbun atau dipinggir sungai yang menjadi tempat sarang nyamuk,” ungkapnya.

Ia mengharapkan  semua pihak untuk meningkatkan kebersihan lingkungan dan melakukan upaya pencegahan melalui 3M plus (menguras, menutup, mengubur dan upaya lainya). Selain itu masyarakat juga diminta untuk segera memeriksakan diri pada sarana layanan kesehatan terdekat bila merasakan gejala.

Seperti gejala demam mendadak tanpa sebab terus menerus selama 2-7 hari, pusing, lemah, nyeri persendian, juga disertai tanda perdarahan berupa bintik-bintik, bercak merah dikulit, mimisan dan gusi berdarah.

“Saya harap masyarakat segera memeriksakan ke dokter jika mengalami gejala-gelaja DBD, atau juga melaporkan kejadian yang diduga DBD kepada aparat desa maupun petugas kesehatan terdekat,” ucapnya.(dwi/*mcb)

Leave a Comment