Share

Web Desa Simbol Transformasi Kecamatan Sumberejo

Bojonegoro (Media Center) – 26 desa se-Kecamatan Sumberejo, Bojonegoro, Jawa Timur siap bertransformasi dengan membuat web desa. Gerakan ini dimulai dengan Workshop Website Desa yang dilaksanakan di Balai Desa Deru, Sumberrejo, untuk 26 desa di Kecamatan Sumberrejo, Rabu (18/11).

“Kegiatan ini dilaksanakan agar dapat menajadi inspirasi bagi desa-desa lainnya,” kata Imam, Ketua Forses se-Kecamatan Sumberrejo.

Ia mengatakan, gerakan serentak tersebut akan menjadi program yang segera terealisasi dalam waktu dekat. Imam menambahkan, selain menggelar pelatihan untuk perangkat desa, pihaknya juga telah menginisiasi penganggaran website desa di dalam APBDesa.

“Mulai dari sosialisasi, pelatihan, pengadaan hingga operasionalnya telah dimasukkan ke dalam APBDesa,” tambahnya.

Sementara itu, Sufyan selaku Koordinator Wilayah Tengah menjelaskan bahwa pada akhir tahun 2015 ini, seluruh desa di Sumberrejo telah terkoneksi dengan internet.

“Sekarang telah 11 desa yang terkoneksi, semuanya murni dari anggaran desa,” jelas Sufyan.

Dengan gerakan ini, pihak desa tak lagi terkendala untuk memenuhi kebutuhan pemanfaatan teknologi informasi di desanya. Rencananya, secara serentak dan mandiri, setiap desa akan mendaftarkan alamat web desanya masing-masing dengan menggunakan domain resmi Pemerintah Desa yaitu desa.id.(*mcb)

Leave a Comment