Share

Webdes Permudah Akses Keuangan Desa

Bojonegoro, 13/8 (Media Center) – Situs web atau website desa (webdes) di Kabupaten Bojonegoro ternyata membawa dampak positif baik bagi pemerintah desa hingga pihak lain yang memerlukan transparansi serta data-data tertentu dari desa. Hal ini dirasakan oleh pemerintah Desa Kandangan saat diminta data keuangan desa oleh Unit Tipikor Polres Bojonegoro.

“Saat itu unit tipikor meminta data keuangan desa, namun kita belum bisa memberikan. Dan ternyata data yang dibutuhkan sudah bisa diakses di webdes kami sehingga memudahkan,” terang Tamban, Kades Kandangan pada kanalbojonegoro.com, Sabtu (11/8).

Pengunggahan data keuangan desa ini, menurut Tamban sesuai pedoman Perbup nomor 10 tahun 2017 tentang tim pengelola informasi desa (TPID) yang menyebutkan bahwa pengelolaan anggaran desa harus dipublish melalui situs web desa.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan informatika (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro, Kusnandaka Tjatur Prasetyo. Ia menyebutkan, dari total 419 desa dan kelurahan di Bojonegoro, ada 208 desa/kelurahan yang telah memiliki domain webdes.

“Namun, yang hingga saat ini masih aktif ada sekitar 160an,” terangnya.

Tak sampai disini Dinas Kominfo Bojonegoro juga telah merencanakan untuk melakukan pelatihan untuk menuntaskan desa-desa yang belum memiliki webdes. Sementara untuk desa yang telah memilki webdes akan dilakukan penguatan dan pendampingan.

Sementara itu, perangkat Desa Pejambon, Kecamatan Sumberrejo, Sufyan menuturkan saat ini telah banyak desa yang mengunggah laporan keuangan. Mulai dari perencanaan, RKP, APBDes hingga Realisasi anggaran.

“Jika ada permohonan data yang lebih detail misalnya SPJ, pemohon bisa langsung ke kantor pemdes karena informasi tersebut termasuk dalam informasi yang disediakan,” tukasnya.(*mcb)

 

Leave a Comment