Share

1.070 Calon Haji Akan Berangkat Tahun Ini

Bojonegoro (Media Center) – Sebanyak 1.070 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Bojonegoro akan berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci pada tahun 2015 ini. Namun dari jumlah tersebut, kemungkinan masih akan terus bertambah lagi mengingat hingga kini verifikasi belum selesai.

Kasi Penyelenggara Haji Kemenag Bojonegoro, Wakhid Priyono menjelaskan, masih akan bertambahnya jumlah CJH karena kemungkinan masih ada lowongnya kursi CJH.

“Sementara 1.070 yang sudah resmi mendaftar, tetapi mereka belum kita lakukan verifikasi semuanya. Kemungkinan juga ada yang gagal berangkat karena administrasinya tidak lengkap dan lain sebagainya,” ujar Wakhid, Kamis (5/3/2015).

Saat ini, pihaknya baru mengirimkan surat pemberitahuan kepada CJH untuk keperluan pemberkesan, seperti mengecek Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sah, Paspor, data-data lain serta surat tanda perkawinan bagi CJH yang sudah menikah.

“Soal manasik, pelunasan uang dan lain-lain belum kita lakukan karena masih lama. Kita panggil dulu seluruh calon jamaah haji untuk proses pemberkesan,” sambungnya.

Sementara itu ditanya soal pemberangkatan CJH asal Kabupaten Bojonegoro, Wakhid belum bisa memastikan. Sebab, pihaknya masih menunggu qur’ah atau undian jadwal pemberangkatan dari Kemenag Jawa Timur.

“Belum pasti soal pemberangkatannya, tapi mungkin antara pertengahan sampai akhir bulan Agustus itu,” ujarnya.

Ditambahkan, pada tahun 2014 lalu jamaah haji asal Bojonegoro yang berangkat ke tanah suci sebanyak 1.012 orang. Jumlah itu meningkat sedikit dibanding tahun ini sebanyak 1.070 orang. Namun, pihaknya belum bisa memastikan apakah akan ada tambahan lagi calon jamaah untuk tahun ini.

“Sebenarnya setiap tahun jumlah pendaftar calon jamaah haji di Bojonegoro terus meningkat, tetapi kuota yang disediakan terbatas sehingga yang bisa berangkat hanya kisaran 1.050 sampai 1.080 orang saja,” pungkasnya. (rin/*acw)

Leave a Comment