Share

1.117 CJH Bojonegoro Ikuti Foto Paspor 

Media Center (Bojonegoro) – Calon Jamaah Haji (CJH) Bojonegoro yang akan berangkat bulan Agustus tahun 2015 mendatang, mulai melakukan pemberkasan salah satunya foto paspor di Surabaya. Pemberkasan ini menyusul adanya Surat Edaran (SE) dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Jawa timur bernomor Kw.15.5/1/Hj.0 0/117/2015 yang ditujukan kepada Kemenag Bojonegoro. Foto paspor bagi CJH ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana foto bisa dilakukan di masing-masing Kota/Kabupaten.
“Masing-masing CJH juga akan dikenakan biaya sendiri senilai Rp360.000,” ujar Kepala Seksi Penyelenggara Haji, Kemenag Bojonegoro, Wakhid Priyono, Senin (23/3/2015).
Menurut Wakhid, persiapan foto paspor di Surabaya itu akan dimulai pada Minggu ini, dengan cara sift beberapa kloter. Sebab, total CJH Bojonegoro tahun ini sebanyak 1.117 jamaah.  Semuanya akan melakukan pemberkasan foto paspor dan pengambilan seragam batik di Surabaya. Ribuan CJH itu akan diangkut dengan 24 bus dengan cara bergantian.
“Tahun ini memang berbeda, karena ada edaran dari Dirjen Imigrasi dan foto paspor ditetapkan di Surabaya,” katanya.
Masing-masing CJH harus lebih dulu membayar biaya foto paspor senilai Rp360.000 melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) di wilayahnya. Setelah membayar dan mendapatkan bukti slip, CJH dapat menukar uang pengganti foto paspor itu ke kantor Kemenag.
“Kalau tahun lalu tidak, saat foto paspor CJH tidak membayar karena sudah melakukan pembayaran saat pemberkesan awal,” ungkap Wakhid.
Jumlah CJH Bojonegoro tahun 2015 ini lebih banyak daripada tahun 2014 lalu. Tahun lalu jumlah CJH sebanyak 1.112 orang. Namun dari jumlah CHJ sebanyak 1.117 orang tersebut dipredeksi bisa bertambah maupun berkurang mengingat belum keseluruhan melakukan pemberkasan.
“Mereka akan berangkat pada akhir bulan Agustus mendatang,” pungkasnya.(Wed/dwi)

Leave a Comment