Share

Pemkab Bojonegoro Gelar Sosialisasi BUMD

Bojonegoro, 22/8 (Media Center) – Pj Sekertaris Daerah Kabupaten Bojonegoro Yayan Rohman didampingi asisten I Djoko Lukito, Asisten II Pemkab Bojonegoro, Nanang Setyo Yuliono, Selasa ( 21/8) memimpin kegiatan sosialisasi regulasi terkait Badan usaha Milik Daerah (BUMD). Acara yang berlangsung di gedung Creative Room lantai 6 dikuti BUMD di Bojonegoro yakni PT BBS, PT ADS, PDAM, BPR, GDK.

Yayan Rohman menyampaikan bahwa ada hal penting yang harus diperhatikan oleh BUMD di Bojonegoro dimana dalam program kinerja harus sejalan dengan visi dan misi Bupati terpilih. Hal lain adalah semua harus menyimpan laporan kondisi BUMD yang ada kepada Bupati dan wakil Bupati terpilih.

“Sehingga akan ada satu pintu informasi yang tepat dan akurat. Acara sosialisasi ini agar diikuti sampai selesai dan dapat ditindak lanjuti,” ujarnya.

Sementara itu, Riris Prasetyo selaku narasumber sosialisasi menyampaikan bahwa ada hal penting yang harus dipahami mengapa Pemda mendirikan BUMD.

“Yang di dalamnya apa tujuan mendirikan BUMD, Kapan saat mendirikan BUMD,” tukasnya.

Dua hal ini adalah dasar, penetapan tujuan BUMD menjadi penting karena di dalamnya memuat indikator penyusunan kontrak kinerja, dasar pengangkatan kembali dewan pengawas dan komisaris dan direksi untuk periode berikutnya.

Indikator untuk menetapkan laba sehingga dapat dihitung berapa tantiem, bonus maupun insentif. Selanjutnya pendukung dokumen perencanaan daerah dalam pelayanan publik dan Penen perkiraan pendapat asli daerah.

Riris menjelaskan bahwa pada intinya tujuan BUMD adalah perekonomian BUMD, menyelenggarakan kemanfaatan umum dan memperoleh laba atau keuntungan.

Masih dihadapan seluruh BUMD di Bojonegoro, Riris mengatakan ada hal penting lainnya yakni perlunya konsultan investasi independen yang akan memberikan penilaian secara profesional.

Dalam sosialisasi ini Riris yang menjabat Kasubid BUMD, BLUD, dan BMD Dirjen Bina Keuangan Daerah menjelaskan bahwa investasi daerah juga harus benar benar diperhatikan.(*dwi/mcb)

Leave a Comment