Share

23 Desa di Kecamatan Kedungadem Ikuti Pelatihan SID

Bojonegoro, Media Center – Sebanyak 23 desa di wilayah Kecamatan Kedungadem mengikuti pelatihan sistem informasi desa (SID) yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bojonegoro di Balai Desa Tondomulo, Kamis (24/7/2019).

Workshop diikuti operator website kecamatan, sekretaris desa (Sekdes), dan pengelola SID 23 desa di wilayah Kecamatan Kedungadem. Dengan narasumber Dewan Teknologi dan Informasi (TIK) Bojonegoro, Warsono, Tim Pengelola Informasi Desa (TPID) Pejambon, Kecamatan Sumberrejo, Sofyan.

Pelatihan ini untuk lebih menguatkan sistem keterbukaan informasi publik di Bojonegoro. Karena keterbukan yang dibangun tidak hanya diterapkan pada pemerintahan di tingkat kabupaten, tapi juga di tingkat pemerintahan desa.

Kepala Bidang E-Gov Dinas Kominfo Bojonegoro, Alit Saksama menjelaskan, workshop SID ini merupakan inisiatif dan inovasi bersama antara pemerintah pusat dan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakyat. Sebab belum optimalnya fungsi koordinasi, sinergitas dan pengendalian program penanggulangan kemiskinan antar stake holder.

“Salah satu faktor terbesarnya adalah belum tersedianya data yang presisi dengan kondisi faktual di lapangan. Akibatnya bantuan yang di jalankan perangkat daerah dalam menentukan fokus, sasaran dan strategi implementasinya belum tepat sasaran,” ujar Alit, sapaan akrabnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, melalui SID ini nantinya data yang tersedia di masing-masing desa akan lebih akurat. Program-program penanggulangan kemiskinan akan sesuai dan tepat sasaran sehingga dapat mendorong terwujudnya percepatan pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa.

“SID ini sangatlah di perlukan oleh tenaga ahli, pendamping desa, pendamping lokal desa dalam pelaksanaan program,” tegasnya.

Kepala Desa Tondomulo, Yanto berharap, dengan adanya pelatihan SID ini dapat menambah ilmu baru bagi para perangkat desa yang nantinya dapat di implementasikan langsung dalam kinerja di masing-masing desa.(Afifa/Dwi)

Leave a Comment