Share

28 Peserta SKPD Kecamatan Ikuti Workshop PPID SKPD

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Bojonegoro mulai hari ini, Rabu (3/6) adakan workshop PPID SKPD. Kegiatan yang akan berlangsung tiga hari 3, 4 dan 8 Juni tersebut dihelat di aula dinas setempat. Di hari pertama ini diikuti oleh 28 peserta dari SKPD kecamatan. Tiga pemateri workshop ini berasal dari operator PPID utama Bojonegoro, jurnalis dan dari Bojonegoro Institute (BI).

Kepala Bidang Jaringan Komunikasi (kabid Jarkom) Dinkominfo Bojonegoro Joko Suharmanto mengatakan, workshop kali ini sudah ke tahah upload Daftar Informasi Publik (DIP). Dia menambahkan, tahap ini para peserta workshop dilakukan pendampingan pemutakhiran DIP dengan aplikasi SIP PPID.

“Dan tujuannya melayani informasi terintegrasi antar DIP. Ke depan DIP SKPD pemkab Bojonegoro akan ter-link dengan PPID utama provinsi Jawa Timur,” terangnya.

Sementara itu, pemateri dari Bojonegoro Intitute (BI), Lulus Harka Anggara menjelaskan, keterbukaan informasi telah diatur dalam UU KIP, sehingga BI berusaha mendorong efektivitas PPID dan dirasakan oleh masyarakat.

“Caranya, memberikan support dalam pemutakhiran data,” ujar pegiat BI itu.

Dia menambahkan, saat ini memang sudah eranya diperlukan isu keterbukaan bukan hanya di lingkup SKPD atau kecamatan namun harus sampai ke level desa.

“Ruh PPID di DIP. Kata kuncinya, kalau bisa terbuka mengapa tertutup,” pungkasnya. (*acw/mcb)

Leave a Comment