Share

766 Rumah Tak Layak Huni di Bojonegoro Akan Direnovasi

Berbagai progam sosial yang langsung menyentuh masyarakat tidak mampu terus dilaksanakan pemerintah. Salah satunya adalah program perbaikan rumah tak layak huni yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jatim dengan Kodim 0813 Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Berbagai progam sosial yang langsung menyentuh masyarakat tidak mampu terus dilaksanakan pemerintah. Salah satunya adalah program perbaikan rumah tak layak huni yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jatim dengan Kodim 0813 Bojonegoro.

Hingga saat ini sudah ada 766 rumah tak layak huni yang tersebar di kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yang direnovasi. Ada beberapa kretiria rumah tak layak huni yang direnovasi yakni rumah tembok bambu, lantai tanah degan luas 4×6, penghuninya berpenghasilan kurang dari Rp500 ribu per bulan.

Komandan Kodim 0813 Bojonegoro, Letkol Arhanud Sjahrir Riyadi menjelaskan, program ini merupakan program nasional yang pencanangannya dilaksanakan di Kabupaten Kediri. Untuk Bojonegoro awalnya mendapat jatah renovasi rumah sejumlah 950 rumah, namun terdapat pengurangan jatah menjadi 766 rumah.

“Untuk itu bagi yg belum mendapatkan kesempatan atau sisanya akan diupayakan untuk mendapatkan,” kata Sjahrir.

Bojonegoro sendiri, lanjut dia, telah 3 kali mendapat program ini. Rinciannya, tahun 2011 sebanyak 500 rumah, tahun 2013 mendapat 940 rumah.

“Diharapkan, dengan kegiatan ini akan lebih menghidupkan kembali budaya gotong royong karena sekarang ini gotong royong sudah mulai memudar,” kata Sjahrir.

Ketua DPRD Bojonegoro, Mitro’atin, menyambut baik program ini. Pihaknya berjanji pada saat pembahasan anggaran berikutnya akan memasukkan anggaran agar bisa menutupi kekurangan di Kabupaten Bojonegoro.

“Ini sangat membantu warga tak mampu karena itu akan kita prioritaskan,” tegas politisi Partai Golkar itu.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian HUT ABRI. Adapun kegiatan yang lainnya adalah fun bike, safari KB Kesehatan dan masih banyak lagi.(**numcb)

Leave a Comment