Share

866 Kepsek di Bojonegoro Segera Ikuti UKKS

Bojonegoro (Media Center) – Setelah melaksanakan Uji Kompetensi Awal bagi 55 guru di Bojonegoro sebagai proses sertifikasi guru, Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro tengah menyiapkan peserta Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS).
Rencananya, event yang digelar secara nasional pada 23-27 Maret 2015 nanti akan diikuti 866 peserta dari Kepala Sekolah SD dan SMP baik negeri maupun swasta di Bojonegoro. Dari kegiatan ini, Kabupaten Bojonegoro mendapatkan jadwal pelaksanaan pada 23-24 Maret dan akan dilaksanakan di SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMKN 1 dan SMKN 2.
M. Khuzaini, Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro mengatakan, meski para peserta berada dalam lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, namun penentuan peserta sertifikasi ditentukan oleh pusat.
“Kita hanya mengkoordinir kelengkapan berkas, selanjutnya langsung ditentukan oleh pusat siapa saja yang memenuhi syarat mengikuti UKKS ini. Begitu pula untuk UKA,” terangnya.
Pelaksanaan UKKS ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang dimiliki oleh para kepala sekolah. Untuk itu, mata pelajaran yang diujikan adalah keguruan. Hal ini berbeda dengan UKA yang mata pelajaran yang diujikan sesuai dengan bidang ajarnya.
Sejauh ini, persiapan yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan adalah menyiapkan para peserta. Karena dilakukan secara online, maka masing-masing peserta harus bisa mengoperasikan komputer untuk mengerjakan ujian.
“Karena kepala sekolah ini banyak yang sudah berumur, maka ada latihan terlebih dulu,”pungkasnya.(lya)

Leave a Comment