Share

Ada Lomba Karoke untuk Waria

Lomba tarik suara khusus untuk waria ini diprakarsai oleh kelompok seniman di wilayah barat Bojonegoro, Sun Yahya

Bojonegoro (Media Center) – Lomba karoke bertajuk ‘Dangdut Singer of Waria’, digelar Sabtu – Minggu (29-30, Maret 2014) di komplek Kolam Renang Sariyo, Kecamatan Padangan, Bojonegoro, Jawa Timur. Diikuti 20 waria sebagai peserta. 20 peserta mengikuti kontes menyanyi in,itak hanya dari Bojonegoro saja, tapi juga berasal dari daerah sekitar Bojonegoro, seperti Tuban, Jombang dan Blora, bahkan ada peserta dari Jawa Tengah.

Lomba tarik suara khusus untuk waria ini diprakarsai oleh kelompok seniman di wilayah barat Bojonegoro, Sun Yahya, ketua panitia acara ini menjelaskan, tujuan dilaksanakan lomba ini untuk menggali potensi dari para waria. “Waria ini juga manusia yang harus mendapat hak yang sama dengan yang lain,” ujarnya disela acara.

Ide Sun yahya mengadakan lomba ini karena kaum waria sering mendapat cibiran dari masyarakat, namun bagi Sun Yahya, waria setara dengan manusia lainnya. Untuk itu, ia memberikan kesempatan bagi waria berekspresi dan mengeksplor diri agar punya pilihan untuk dijadikan pegangan hidupnya nanti.

Dari 20 peserta pada babak penyisihan hari ini akan diambil lima peserta terbaik untuk maju ke babak final Minggu (30/3/2014). Nantinya akan dipilih juara I,II, dan III serta harapan I dan II. Salah satu peserta asal Kabupaten Tuban, Aica menyatakan bangga dengan acara ini. Karena acara ini merupakan salah satu ajang untuk menyalurkan minat dan bakan para waria.

“Selama ini kan masyarakat ketika memandang waria, langsung berkomentar yang tidak baik. Namun kali ini justru kita diberi kesempatan seperti ini,” ujarnya saat menunggu giliran tampil. Tak hanya dari kemampuan vokal serta teknik bernyanyi. Penilaian dalam lomba ini juga meliputi aksi panggung serta penampilan dan kostum. (*\tin\lyamcb)

Leave a Comment