Share

Ada Posyandu Lansia di Ledok Kulon

Bojonegoro (Media Center) – Paguyuban Karang Werda Wisma Indah Kelurahan Ledok Kulon, Kecamatan Kota, Bojonegoro, Jawa Timur, mendirikan Posyandu Lanjut Usia (Lansia) dan Balita senilai Rp80 juta dari bantuan dana hibah Pemerintah setempat.

“Pendirian Posyandu Lansia dan Balita ini untuk melayani kesehatan para lansia yang menjadi anggota Paguyuban Werda yang jumlahnya sekitar 200 orang,” kata Paguyuban Karang Werda Wisma Indah Bojonegoro Bambang Santoso, didampingi Sekretarisnya, Edy Syioen, Selasa.

Posyandu Lansia dan Balita yang berukuran 5X8 meter tersebut pemanfaatannya diresmikan Kepala Disnakertransos Pemkab Bojonegoro Adi Witjaksono, mewakili Bupati Bojonegoro Suyoto, Selasa. Hadir seratusan anggota Paguyuban Karang Werda di daerah setempat.

“Pembangunan Gedung Posyandu Lansia dan Balita ini juga mendapatkan bantuan dari anggota kami,” katanya.

Sebelum ini, kata Edy, lansia yang menjadi anggota Paguyuban Karang Werda harus berpindah-pindah lokasi, di antaranya, di Puskesmas atau di rumah sakit (RS) kalau akan memeriksakan kesehatannya.

Oleh karena itu, katanya, keberadaan Posyandu Lansia dan Balita ini pada tahap awal akan dimanfaatkan anggota Paguyuban Karang Werda untuk berkumpul sekaligus melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Sesuai jadwal anggota Paguyuban Karang Werda melakukan senam dua kali dalam sepekan. Usia senam mereka akan melakukan pemeriksaan kesehatan di Posyandu ini,” kata Edy, menegaskan.

Mengenai tenaga medisnya, jelasnya, akan mendatangkan dokter dari puskesmas terdekat yang akan diminta melakukan pemeriksaan kesehatan para lansia.

“Rencananya posyandu juga akan kita lengkapi dengan tenaga paramedis, mulai dokter juga yang lainnya, yang nantinya juga menerima pasien yang bukan lansia,” jelas Edy. (samcb)

Leave a Comment