Share

Ada Sertifikasi Akik di Festival Batu Aji Nusantara

Bojonegoro (Media Center) – Setelah sempat ditunda beberapa kali, pelaksanaan Festival Watu Aji Nusantara di Kabupaten Bojonegoro segera digelar. Rencananya, acara ini akan dilaksanakan pada 9 hingga 12 April 2015 mendatang di Gedung Serbaguna.

Kepala Bidang Pelestarian dan Pengembangan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro, Suyanto mengatakan, dalam acara ini telah disiapkan 75 stan yang bisa disewa oleh para peserta baik dari dalam maupun luar Kabupaten Bojonegoro.

“Sejauh ini sekitar 50 stan yang sudah terisi. Kami optimis sampai penutupan pendaftaran pada tanggal 6 Maret nanti stan sudah penuh,” jelasnya saat ditemui kanalbojonegoro.com di kantornya.

Tak hanya menggelar pameran hingga kontes batu akik, panitia juga menyediakan layanan sertifikasi batu akik. Nantinya, akan dihadirkan para ahli batu mulia untuk menilai saat kontes dan mengesahkan batu yang benar-benar memiliki nilai tinggi.

“Ini untuk mengedukasi pecinta batu akik untuk menilai batu yang benar-benar memiliki nilai dengan batuan biasa yang kini tengah marak di lapangan,” lanjut Yanto.

Salah satu kegiatan yang menjadi headline fastival ini adalah lelang batu mulia khas Bojonegoro yang akan dilakukan langsung oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto pada hari pertama. Selanjutnya, di dua hari terakhir akan ada kontes dengan dua kategori yakni kontes desain batu dan kontes kualitas.

“Nanti dibedakan kontes untuk batu asli dan kontes untuk batu biasa,” pungkasnya.(lya/dwi)

Leave a Comment