Share

AJI Bojonegoro Akan Gelar Malam Kebebasan Pers

Bojonegoro (Media Center) – Jelang peringatan Hari Kebebasan Pers sedunia yang jatuh pada 3 Mei, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bojonegoro tengah menyiapkan Malam Kebebasan Pers. Acara yang akan dihadiri dari berbagai elemen mulai dari  masyarakat umum, seniman, mahasiswa, pemerintah hingga legislatif ini, rencananya akan digelar di Halaman Radio Malowopati, jalan AKBPM Soeroko pada Sabtu (2/5/2015) pukul 19.00 WIB.

Tulusno Budi Santoso, sekretaris panitia acara mengatakan, dalam acara ini selain orasi budaya juga akan diramaikan dengan pementasan seni dari para seniman lokal Bojonegoro.

“Acaranya mimbar terbuka, diselingi dengan pemetasan seni dari kawan-kawan,” ujar pemuda yang akrab disapa Tulus ini.

Menjelang hari bersejarah bagi para awak media ini, AJI Bojonegoro juga sempat menggelar aksi damai dan orasi di depan Pemkab Bojonegoro, tepatnya di jalan Mas Tumapel. Aksi yang digelar bertepatan dengan Hari Buruh sedunia atau May Day ini juga berisikan pesan bahwa masih banyak awak media yang jauh dari kata sejahtera.

Seperti disampaikan Khorij Zaenal Asrori, Korlap aksi, saat ini, musuh awak media bukan lagi pemerintah maupun polisi. Namun, musuh yang paling dekat tersebut adalah perusahaan medianya sendiri.

“Hal ini terbukti masih banyaknya kawan-kawan jurnalis yang gajinya dibawah UMR atau UMK. Inilah yang menyebabkan banyak penyimpangan etika jurnalis seperti menerima amplop dan penyimpangan lain,” ujar pria yang juga radaktur surat kabar terkemuka di Bojonegoro.

Para anggota AJI berharap, seluruh awak media, khususnya yang berada di bawah naungan bendera AJI di Bojonegoro bisa mendapat haknya sehingga bisa melakukan tugas peliputan dengan beretika dan bersih. Tentunya, hal ini setelah dipenuhinya hak-hak para awak media oleh perusahaannya masing masing, baik dari segi jumlah gaji hingga jaminan kesehatan yang seringkali masih diabaikan oleh para pengusaha.(Lya/*mcb)

Selamat Hari Buruh dan Hari Kebebasan Pers Sedunia. “Tetap Berfikir Merdeka!”.

Leave a Comment