Share

Akhir Proyek Konstruksi Banyuurip, Pekerja Akan Dapat Pelatihan

Mantan pekerja proyek minyak dan gas bumi (migas) Banyu Urip Blok Cepu di Bojonegoro akan diberi pelatihan kerja dan wirausaha oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Bojonegoro. Hal ini diharapkan, agar mereka bisa menciptakan lapangan kerja usai lepas dari proyek migas.

Bojonegoro (Media Center) – Mantan pekerja proyek minyak dan gas bumi (migas) Banyu Urip Blok Cepu di Bojonegoro akan diberi pelatihan kerja dan wirausaha oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Bojonegoro. Hal ini diharapkan, agar mereka bisa menciptakan lapangan kerja usai lepas dari proyek migas.

Pelatihan kerja yang diberikan di antaranya menjadi tukang cukur rambut, servis handphone, montir sepeda motor, sampai pelatihan membuat mie ayam dan bakso. Pelatihan ini diadakan mulai Januari hingga Februari 2015.

“Pelatihan kerja disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya pelatihan menjadi tukang cukur rambut atau potong rambut. Kalau sudah mahir dan membuka usaha potong rambut, tentu pelanggannya juga akan banyak,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial (Disnakertransos) Kabupaten Bojonegoro, Adie Witjaksono.

Ia mengatakan, proyek konstruksi Banyu Urip Blok Cepu di Bojonegoro akan berakhir pada Februari 2015. Sedikitnya ada 6 ribu pekerja yang akan diberhentikan seiring dengan selesainya proyek migas tersebut.

“Para mantan pekerja proyek migas dapat mengikuti pelatihan kerja ini sehingga mereka bisa membuka usaha baru,” ujarnya.

Pelatihan kerja ini, kata Adie, akan diadakan di 10 wilayah di Bojonegoro. Sesuai rencana peserta pelatihan kerja sekitar 12 ribu orang dari seluruh kecamatan di Bojonegoro. Namun, untuk tahap awal pelatihan akan diadakan di Kecamatan Gayam yang merupakan daerah migas Banyu Urip Blok Cepu di Bojonegoro.

“Pelatihan kerja ini tidak dipungut biaya,” tuturnya.

Setelah mengikuti pelatihan kerja, kata Adie, peserta akan diberi pendampingan selama merintis usaha. Selanjutnya, mereka akan dapat kemudahan permodalan karena akan dibantu oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Koperasi.(**mcb)

Leave a Comment