Share

Anggarkan Rp 1,4 Miliar Untuk Palang Pintu

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro, telah menyiapkan 11 palang pintu perlintasan kereta api di empat titik wilayah barat yaitu di Kecamatan Padangan, Kalitidu, Dander, dan Kota, sementara tujuh wilayah timur di Kecamatan Kapas, Sumberrejo, dan Baureno.

Bojonegoro (Media Center) – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro, telah menyiapkan 11 palang pintu perlintasan kereta api di empat titik wilayah barat yaitu di Kecamatan Padangan, Kalitidu, Dander, dan Kota, sementara tujuh wilayah timur di Kecamatan Kapas, Sumberrejo, dan Baureno.

Kepala Dinas Perhubungan, Iskandar, mengatakan, lokasi palang pintu perlintasan kereta api diutamakan bagi wilayah-wilayah yang rawan kecelakaan lalu lintas dan menyebabkan korban jiwa.

“Tapi palang pintu ini belum kami operasikan,” jelasnya.

Ia menyatakan, pengoperasian palang pintu masih menunggu persiapan tekhnis lainnya seperti personil penjaga palang pintu, dan fasilitas oendukung seperti listrik, pos, dan lain sebagainya,

“Rencananya kami akan merekrut penjaga perlintasan yang selama ini bekerja secara sukarela,” tukasnya.

Meskipun palang pintu terbuat dengan sistem elektrik namun perekrutan untuk penjaga akan tetap dilakukan dengan sistem gaji bulanan. Namun, anggaran untuk gaji tersebut masih dipersiapkan.

“Untuk palang pintu sendiri, menelan anhgaran Rp 1,4 Miliar dari APBD 2015,” lanjutnya.

Sesuai ketentuan dan izin PT Kereta Api Indonesia (KAI), pembangunan palang pintu rel dilakukan setiap delapan kilometer (Km). Terlebih intensitas kecelakaan bisa meningkat dengan aanya double track.

“Palang pintu ini salah satu upaya untuk menekan angka kecelakaan dan menjaga keselamatan warga,” pungkasnya.(re/**mcb)

Leave a Comment