Share

Antisipasi Banjir Bandang, Bupati Instruksikan Evaluasi Kawasan

Bupati Bojonegoro, Suyoto, memerintahkan Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Pengairan dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk kemungkinan rekayasa pengurangan banjir bandang dan genangan. Selain itu, ia juga menyiapkan agar seluruh masyarakat dan komponen agar waspada terhadap banjir baik bandang maupun luapan Sungai Bengawan Solo.

Bojonegoro (Media Center) -Bupati Bojonegoro, Suyoto, memerintahkan Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Pengairan dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) untuk kemungkinan rekayasa pengurangan banjir bandang dan genangan. Selain itu, ia juga menyiapkan agar seluruh masyarakat dan komponen agar waspada terhadap banjir baik bandang maupun luapan Sungai Bengawan Solo.

Seperti diketahui, hujan deras yang terjadi hampir dua jam mengakibatkan banjir bandang di Kecamatan Gondang. Setelah itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah bersama dengan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan warga melakukan pembersihan lokasi banjir. Karena tebalnya endapan lumpur beberapa alat berat juga disiapkan untuk melakukan normalisasi tanggul yang jebol akibat terjangan air banjir.

Sementara itu banjir tak hanya terjadi di Kecamatan Gondang saja, tapi juga di Kecamatan Kanor yang diakibatkan luapan Sungai Mekuris. Banjir melanda beberapa desa yang mengakibatkan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Langkah yang dilakukan Pemkab melalui BPBD adalah membuka dapur umum, menyediakan kebutuhan air bersih bagi warga yang melibatkan semua komponen masyarakat, aparat keamanan dan anggota Tim penggerak PKK desa.(humas/**mcb)

Leave a Comment