Share

Aturan Penggunaan Air Disosialisasikan

Anggota Himpunan Pengguna Air (HIPPA) Bojonegoro Jawa Timur mengikuti sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) No. 18 tahun 2012 tentang pemberdayaan petani pemakai air. Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro, Setyo Hartono ini dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Dander, Senin (26/5/2014) pagi.

Bojonegoro (Media Center) – Anggota Himpunan Pengguna Air (HIPPA) Bojonegoro Jawa Timur mengikuti sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) No. 18 tahun 2012 tentang pemberdayaan petani pemakai air. Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Bojonegoro, Setyo Hartono ini dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Dander, Senin (26/5/2014) pagi.

Menurut Setyo, penggunaan air harus diatur dengan bijaksana, lantaran permasalahan soal air dinilai sebagai pemicu masalah di lapangan. “Oleh karena itu, pembagian air ini harus benar-benar diatur dengan cermat dan sistematis untuk kepentingan bersama,” katanya.

Menurutnya, wilayah Bojonegoro memiliki kontur tanah yang unik dan rawan mengalami kekeringan. “Saat musim penghujan, air yang mampu
diserap hanya mencapai 15 persen saja, selebihnya lewat saja dan menjadi banjir bandang,” ujarnya saat membuka acara.

Dalam kesempatan ini, Setyo juga menyampaikan masalah kontrak kerja HIPPA dan modul kerjasama yang harus mempunyai pedoman jelas. Yakni mengikuti dan tak boleh bertentangan dengan aturan yang ada.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pengairan Pemkab Bojonegoro, Edy Susanto mengaku pengelolaan air di Bojonegoro telah dijalankan dengan
baik. Hal ini dibuktikan dengan dilibatkannya HIPPA dalam kegiatan pengelolaan air.

“Pembagian air ini telah berjalan semaksimal mungkin. Secara umum pengelolaan air di Bojonegoro sudah baik dan ini akan terus dipertahankan,” katanya. (*/hms/lyamcb)

Leave a Comment