Share

Awal Musim Kemarau, Petani Bojonegoro Mulai Tanam Tembakau

Seorang petani membuat pembenihan tembakau di Kedungadem Bojonegoro.

Bojonegoro, 22/5 (Media Center) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro memperkirakan luas tanaman tembakau di daerahnya pada musim tanam tembakau tahun ini bisa mencapai 9.800 hektare. Luasan ini meningkat dibandingkan 2017 lalu seluas 8.939,8 hektare.

“Perkiraan luas tanaman tembakau tahun ini berdasarkan perhitungan petani yang bermitra dengan pabrikan juga petani yang menanam tembakau secara swadaya,” kata Kepala Bidang Usaha Perkebunan Dinas Pertanian Bojonegoro Imam Wahyudi, di Bojonegoro.

Dia menjelaskan, Dinas Pertanian sudah sudah mengumpulkan pabrikan/pengusaha tembakau untuk mengetahui kebutuhan pembelian tembakau baik Virginia VO maupun Jawa pada tahun ini.

PT Djarum Kudusakan melakukan pembelian tembakau Virginia VO sebanyak 3.500 ton, CV Central Agro Mandiri di Kecamatan Balen, akan membeli tembakau hang (Virginia VO) 1.000 tong dan UD Sumber Mulyo Kecamatan Kapas, 1.000 ton.

“PT Gudang Garam dan PT Bentoel, juga pengusaha tembakau lainnya belum melapor jumlah pembelian tembakau tahun ini,” ucapnya.

Berdasarkan masukan pembelian pabrikan itu, ia memperkirakan luas tanaman tembakau Virginia bisa mencapai 6.000 hektare dan Jawa 2.500 hektare.

Saat ini, lanjut dia, petani di wilayah selatan sudah membuat pembenihan tembakau baik Virginia juga Jawa. Petani yang sudah mulai membuat persemaian, antara lain, di sejumlah desa di Kecamatan Kedungadem, Sugihwaras, dan Temayang.(*mcb)

Leave a Comment