Share

Bangkitkan Musik Keroncong, KeroncongKu Gelar Pentas

Bagi sebagian orang tua, diharapkan forum KeroncongKu ini bisa menjadi ajang bernostalgia. Serta membuka kembali ingatan-ingatan silam. Seperti diketahui, sejumlah warga yang datang diacara yang dikemas secara sederhana di Tribun Alun-alun Kota Bojonegoro itu terlihat menikmati lagu yang dibawakan para pemusik kroncong ini

Bojonegoro (Media Center) – Musik keroncong saat ini dikenal dan hanya banyak dinikmati oleh kalangan tua. Padahal, musik yang tenar di awal kemerdekaan Indonesia ini digunakan untuk merekam segala bentuk perjuangan dengan lirik dan cengkok yang romantis.

Kejayaan musik keroncong mulai tergerus dan redup seiring dengan selera seni yang mengikuti zaman. Tenggelamnya pesona musik keroncong ini juga karena generasi pewaris yang mulai minim. Pelaku dan penikmat musik generasi muda saat ini kebanyakan mengikuti arus tren.

Ditengah tren genre musik baru, sejumlah pemain musik keroncong membentuk Forum KeroncongKu sebagai wadah komunitas yang menggunakan alat-alat musik khas eropa itu. Menggelar latihan rutin setiap satu bulan sekali dan melakukan diskusi tentang keroncong.

“Sebenarnya pemain musik keroncong di Kabupaten Bojonegoro sangat banyak, tapi mungkin karena tidak ada wadahnya sehingga belum bisa bersatu. Hanya menggelar latihan untuk komunitasnya masing-masing,” terang Agus Diantoro, salah seorang pemain musik keroncong, Sabtu (29/11/2014).

Forum keroncongku ini nanti setiap orang bisa bergabung dan menggelar latihan bersama. Selain itu, forum ini juga bertujuan mencari bibit baru untuk meregenerasi seniman keroncong di Bojonegoro.

Bagi sebagian orang tua, diharapkan forum KeroncongKu ini bisa menjadi ajang bernostalgia. Serta membuka kembali ingatan-ingatan silam. Seperti diketahui, sejumlah warga yang datang diacara yang dikemas secara sederhana di Tribun Alun-alun Kota Bojonegoro itu terlihat menikmati lagu yang dibawakan para pemusik kroncong ini.(**mcb)

Leave a Comment