Share

Banjir Bandang Temayang, BPBD Buka Dapur Umum

Bojonegoro (Media Center) – Hujan lebat dan jebolnya tanggul sungai Pacal telah merendam Desa Sugihan, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro pada Rabu malam (11/2/2015) kemarin. Akibatnya, tak hanya digenangi air, wilayah banjir juga dipenuhi lumpur setebal 15 cm.

Pasca banjir ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro telah melakukan tindakan pasca banjir dengan melakukan pembersihan, terutama jalan yang ditutupi lumpur. Tak hanya itu, BPBD telah membuka dapur umum bersama Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) dan PKK untuk membantu warga yang terdampak serta peserta kerja bakti.

“Selain itu, kini kami sedang mengidentifikasi korban banjir serta kerugian baik sawah, rumah maupun hewan ternak yang mati,” ujar Sukirno, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro.

Sukirno menambahkan, banjir bandang akibat hujan lebat maupun luapan anak sungai Bengawan Solo tak hanya terjadi di Temayang. Beberapa daerah lainnya seperti di Kecamatan Kanor juga mengalami hal serupa.

Sementara itu, BPBD melalui prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Bojonegoro hari ini (Kamis, 12/2/2015) dibayangi hujan dengan intensitas ringan. Namun, kecepatan angin relatif tinggi yang berkisar pada 40 km/jam. (lya/*acw)

Leave a Comment