Share

Bapemperda Bojonegoro Usulkan 13 Raperda

Bojonegoro, 13/10 (Media Center) – Badan pembentukan Perda telah menyepakati 13 (tiga belas) rancangan peraturan daerah untuk dimasukan dalam prioritas pembahasan peraturan daerah pada tahun 2017 pada Rabu (12/10).

Raperda tersebut merupakan hasil dari kajian dan pembahasan bersama dengan Tim Esekutif (Bagian Hukum dan Perundang-undangan Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro).

Ketua Babemperda, Ali Mahmudi, menyampaikan, dari total 13 raperda, enam diantaranya merupakan usulan DPRD. Diantaranya, Raperda tentang Kepemudaan, Raperda tentang Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan, Raperda tentang Pendidikan Baca Tulis Al Quran.

“Kemudian, Raperda tentang Pengelolaan Parkir, Raperda tentang Kota Layak Anak, Raperda tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Tertinggal,” imbuhnya.

Sementara usulan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bojonegoro sebanyak tujuh judul rancangan perda diantaranya, Raperda tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, Raperda tentang Penanaman Modal, Raperda tentang Penyertaan Modal pada PDAM.

Selanjutnya, raperda tentang Pembentukan BUMD Pengelola PI Blok Tuban, Raperda Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 23 Tahun 2011 tentang Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah Dalam Pelaksanaan Eksplorasi dan Eksploitasi serta Pengolahan Minyak dan gass Bumi di Kabupaten Bojonegoro, Raperda Perubahan atas Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro Nomor 11 Tahun 2011 tentang Penyertaan Modal.

“Terakhir, Raperda Pencabutan atas Peraturan Daerah Kabupaten Bojonegoro tentang PD Pasar,” tandasnya.

Dari kajian Bapemperda sebagaimana diatur dalam Permendagri 80 tahun 2015 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah, Bapemperda akan melakukan sinkronisasi dan kajian terhadap Rancangan Peraturan Daerah yang telah siap untuk dilakukan pembahasan pada saat yang akan datang.(dwi/mcb)

Leave a Comment