Share

Batu Semar, Tempat Ukir Prestasi Bojonegoro

Pro dan kontra penempatan batu besar yang disebut Batu Semar di Alun-alun Bojonegoro, dijawab Bupati, Suyoto. Menurutnya, batu tersebut akan digunakan sebagai monumen prestasi yang diraih masyarakat maupun pemerintah Bojonegoro.

Bojonegoro (Media Center) – Pro dan kontra penempatan batu besar yang disebut Batu Semar di Alun-alun Bojonegoro, dijawab Bupati, Suyoto. Menurutnya, batu tersebut akan digunakan sebagai monumen prestasi yang diraih masyarakat maupun pemerintah Bojonegoro.

“Dengan begitu generasi mendatang akan tahu, prestasi-prestasi apa saja yang pernah diraih warga Bojonegoro. Sehingga dapat memotivasi generasi yang akan datang untuk mengukir prestasi yang lebih baik,” tegas Suyoto.

Evakuasi maupun pengangkutan batu seberat sekira 70 ton dari Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang, yang ditaruh di bagian timur alun-alun, tepatnya di depan Gedung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro itu, membutuhkan perjuangan yang keras. Butuh waktu 16 hari dan enam alat berat agar dapat membawanya sampai alun-alun. Batu mirip Semar ini menjadi tontonan warga mulai proses pengangkatan, pengangkutan hingga peletakan.

“Itu menggambarkan bahwa tak ada prestasi yang dapat diraih dengan mudah. Semua butuh perjuangan. Begitu juga dengan hidup, semakin kita dihadapkan pada kesulitan maka akan meningkat kualitas hidup kita,” ujar Kang Yoto.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Andi Tjandra, menambahkan, di sekitar batu tersebut akan dibangun taman. Selain itu, batu tersebut akan dibersihkan dan sedikit dipermak agar nantinya bisa diukir dengan tulisan.

“Ini kan batu prasasti, jadi nanti bapak bupati akan menuliskan sesuatu di batu itu,” pungkas Andi.(**mcb)

Leave a Comment