Share

Bengawan Solo Meluap, Warga Panen Ikan

Debit air Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro mengalami kenaikan. Momen ini menjadi saat yang ditunggu oleh warga di sepanjang bantaran sungai terpanjang di Pulau Jawa untuk memanen ikan

Bojonegoro (Media Center) – Debit air Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro mengalami kenaikan. Momen ini menjadi saat yang ditunggu oleh warga di sepanjang bantaran sungai terpanjang di Pulau Jawa untuk memanen ikan.

Ikan yang dipanen berasal dari Bengawan Solo, saat debit air mulai naik secara tiba-tiba membuat ikan menepi dan terbawa arus sehingga mudah ditangkap. Tak hanya berbagai jenis ikan seperti wader dan bader, udangpun juga sangat mudah ditangkap bahkan dengan tangan kosong. Meski demikian, tak sedikit warga yang menggunakan peralatan sederhana seperti jaring dan keranjang.

Fenomena alam yang biasa disebut warga sekitar dengan istilah ‘munggut’ ini menarik perhatian warga yang beramai-ramai mencari ikan. Mulai tua, muda hingga anak-anak turut menangkap ikan di tepian Bengawan Solo, Kamis (27/11/2014).

Seperti yang dilakukan Yanto, warga Kelurahan Kauman ini memunguti ikan yang terbawa arus dan menepi di Taman Bengawan Solo (TBS). Ia bersama anaknya hanya bermodalkan kantong plastik dan ember kecil untuk menampung hasil tangkapan.

“Kalau sedang munggut pasti ikut ramai-ramai mencari ikan,” ujarnya.

Ikan dan udang hasil tangkapan ini, biasanya dikonsumsi sendiri. Tapi, beberapa warga yang berhasil mengumpulkan cukup banyak bisa dijual dengan harga murah.(**mcb)

Leave a Comment