Share

Berawal Bikin Kue Kering, Endy Buka Pusat Oleh-oleh dan Bermitra dengan 300 IKM Bojonegoro

Bojonegoro – Bermula memproduksi dan menjual kue kering pada tahun 2017, kini Endy Meca Sari memiliki toko pusat oleh-oleh Khas Bojonegoro. Toko tersebut beralamatkan di Jalan Pemuda No. 1 E Ngrowo, Bojonegoro.

Ibu dua anak yang kerap disapa Endy tersebut menjelaskan menuturkan, awal mula ia berwira usaha pada tahun 2017 dengan membuat dan menjual kue kering. Ia belajar membuat kue dari neneknya. Bermodal dari skill dasar yang dimiliki tersebut ia mengembangkan dengan menambah pengetahuan dari berbagai media online, salah satunya youtube.

“Bisa dibilang resep saya otodidak belajar dari YouTube, berbekal pengetahuan dasar membuat kue kering dari Nenek, bahkan dulu saat belajar membuat pie susu tetangga jadi tester dari yang keras hingga teksturnya pas,” ungkapnya sambil tersenyum.

Endy kemudian mulai bergabung dengan kelompok Industri Kecil menengah (IKM) yang ada di Bojonegoro dan berkumpul dengan para produsen IKM lainnya. Setelah bergabung dan sering mengikuti bazar, ia memiliki ide untuk membuka toko oleh-oleh yang bisa menampung berbagai produk IKM.

“Ide saya itu muncul karena ada banyak anggota IKM yang rumahnya jauh, dan sering tidak mengikuti bazar, jadi dengan saya membuka toko oleh-oleh bisa mengangkut produk-produk IKM tersebut dalam bazar dan memeperkenalkanya kepada masyarakat,” ungkapnya.

Terbukti, dengan didukung tekadnya yang kuat, toko oleh-oleh terwujud pada akhir 2018 lalu. Hingga saat ini toko Endy’s pusat oleh-oleh Khas Bojonegoro sudah bermitra dengan kurang lebih 300 IKM Bojonegoro.

“Awalnya dulu hanya ada makanan dan minuman, tapi semenjak pandemi kerajinan juga kita masukan disini karena penjualan mereka terganggu,” terangnya. Dalam sebulan omzet mencapai Rp 20 juta hingga Rp 25 juta.

Yuni Astuti, Salah satu mitra pemilik produk IKM mengaku sangat terbantu dengan adanya Endy’s Pusat Oleh-oleh yang sudah menampung produknya, dan membantu penjualan dengan harga yang masih sangat terjangkau.

‘’Saya senang menitipkan produk saya disini, konsumen tidak perlu jauh-jauh mencari produk saya seperti Abon, srundeng dan kripik debog,”pungkasnya.

CP : 082229793073
Fb : endymeycasari
Ig : @endyscemilanmurah.bjn

Leave a Comment